SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Anggota DPR RI Lucy Kurniasari Gandeng BPOM Gelar Sosialisasi Tentang Pemilihan Produk Kosmetik yang Benar

 

Lucy Kurniasari Anggota DPR RI saat memberikan sosialisasi

(SIDOARJOterkini) – Anggota Komisi IX DPR RI Dra. Lucy Kurniasari bersama BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) menggelar sosialisasi tentang peredaran kosmetika dengan tema “Cerdas memilih Kosmetik yang baik dan benar” di gedung Lokhapala Krian, Selasa 08 Juni 2021.

Pada kesempatan tersebut Lucy Kurniasari mengatakan, masyarakat perlu diberikan pemahaman dan edukasi terkait peredaran kosmetik ilegal yang tidak punya ijin edar dari BPOM yang akhir-akhir ini banyak diiklankan.

“Masyarakat harus diberikan edukasi terkait pemilihan produk yang benar. Jangan sampai menggunakan produk kosmetik yang tidak punya ijin edar dari BPOM,”tegas politisi Demokrat itu.

BACA JUGA :  Kakek Pejalan Kaki Ditabrak Pemotor di Jalan Kemeraan Krian

Dikatakan Lucy, Komisi IX DPR RI bersama dengan BPOM sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi yang tujuannya memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap peredaran produk-produk yang harus memiliki ijin edar dari BPOM.

Dirinya meminta, Jika ada masyarakat yang merasa dirugikan oleh salah satu produk, untuk segera melapor, Komisi IX bersama BPOM akan menindak lanjuti mungkin dengan sidak atau pengecekan terhadap produsen produk atau industri tersebut, selanjutnya diproses hukum.

BACA JUGA :  Kapolresta Resmikan Masjid Al - Ikhlas Polresta Sidoarjo

“Program sosialisasi ini dilaksanakan serentak oleh seluruh anggota komisi IX yang terbagi dalam seluruh Dapil dan program ini dilaksanakan setiap tahun,” tutur anggota DPR RI dari Dapil Sidoarjo-Surabaya tersebut.

Ditambahkan Lucy, Komisi IX DPR RI bersama dengan BPOM akan terus melakukan sosialisasi terkait peredaran Kosmetik tersebut kepada masyarakat. Dirinya menargetkan 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo akan menerima sosialisasi itu.

BACA JUGA :  Sebelum Dilakukan Normalisasi, Bangli di Atas Bantaran Sungai Banjarasri Tanggulangin Harus Dibongkar

“Karena kondisi masih pandemi, sosialisasi kita lakukan bertahap, itupun undangannya juga terbatas pertimbangannya protokol kesehatan,”ujarnya.

Sosialisasi tentang produk kosmetik tersebut dihadiri warga yang merupakan para kader Demokrat dari kecamatan Tarik, Balongbendo, Krian dan Prambon. Bertindak sebagai narasumber pada Sosialisasi tersebut, Drs. Arustiyono, Apt, MPH. selaku Direktur Pengawasan Kosmetik sebagai narasumber produk kosmetika dan Retno Katulistiani BPOM Surabaya narasumber Perizinan, Registrasi Produk dan Penindakan hukum.(rif/cles)