SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Anggaran Sekolah Gratis Dipenuhi Tahun 2017

IMG-20130926-00358
(SIDOARJOterkini)- Pemkab Sidoarjo akan mencukupi kebutuhan pendidikan gratis tahun 2017. Diharapkan, tahun depan biaya sekolah mulai SD sampai SMP sudah gratis.

Kebutuhan anggaran untuk sekolah gratis baru terpenuhi separuhnya dalam APBD 2016. Hal ini dikarenakan, saat pengajuan anggaran untuk pendidikan gratis dananya tidak mencukupi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Beppekab) Sidoarjo Sulaksono mengatakan biaya pendidikan gratis memang dipenuhi dalam APBD 2017. “Jadi anggaran pendidikan gratis dipastikan terpenuhi tahun depan,” tandasnya.

Sulaksono mengakui besarnya biaya untuk pendidikan gratis akan menyedot anggaran program lainnya. Namun, hal itu harus dilakukan untuk mewujudkan sekolah gratis dari SD sampai SMP.

BACA JUGA :  Banjir di Kecamatan Porong Surut, Bupati Muhdlor Segera Perbaiki Jalan Desa yang Rusak

Tahun 2016, anggaran untuk pendidikan hanya dialolasikan Rp 155 miliar. Padahal, untuk memenuhi pendidikan gratis sampai SMP sekitar Rp 326 miliar.

Sulaksono mengakuo jika tahun 2017 dialokasikan anggaran pendidikan gratis Rp 326 miliar. “Kalau untuk sekolah gratis mulai SD sampai SMP dibutuhkan anggaran Rp 326 miliar,” tukasnya.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo Hadi Subiyanto mengatakan pihaknya sudah mengusulkan anggaran sekolah gratis sejak beberapa tahun lalu. Namun, baru dipenuhi tahun depan.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Lanjutkan Program Renovasi Warung Rakyat Target 400 Unit

Politisi Golkar ini menegaskan, Pemkab Sidoarjo lebih diuntungkan pengelolaan SMA/SMK langsung ditangani Pemprov Jatim. Dengan demikian, pemkab hanya menyediakan anggaran untuk pendidikan gratis SD dan SMP.

Sedangkan jika biaya pendidikan gratis mulai SD sampai SMA diperkirakan butuh anggaran diatas Rp 600 miliar. “Kami mendorong agar di Sidoarjo pendidikan gratis. Karena APBD Sidoarjo cukup besar,” harap Hadi Subiyanto yang juga anggota Komisi D (kesejahteraan) itu.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Lakukan Pendampingan Pelaksanaan Imunisasi Polio di Desa Boro

Tahun 2015 untuk anggaran pendidikan non gaji sekitar Rp 326 miliar. Namun, dana sebesar itu belum bisa menggratiskan pendidikan.(st-12)