SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Anggaran Ditolak, Program Perpustakaan Desa Mandek

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo Drs. Sutjipto. MM
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo Drs. Sutjipto. MM

SIDOARJO- Harapan agar semua desa di Kabupaten Sidoarjo mempunyai perpustakaan kandas. Pasalnya, anggaran untuk pengadaan perpustakaan desa tahun 2015 belum disetujui..

Padahal, Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemkab Sidoarjo sudah menyediakan perpustakaan desa sejak tahun 2013. “Tahun 2013 sebanyak 10 desa yang sudah disediakan perpustakaan,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemkab Sidoarjo Drs.Sutjipto. MM, Rabu (11/6/2014).

Sedangkan tahun 2014, Kantor Perpustakaan dan Arsip juga menyediakan perpustakaan untuk 10 desa. Saat ini dari 18 kecamatan masing-masing ada satu desa yang sudah mempunyai perpustakaan.

BACA JUGA :  Buruh Pabrik Rokok di Kecamatan Jabon Dapatkan Pelatihan Ketrampilan Kerja dari DBHCT

Namun, untuk pengajuan perpustakaan desa tahun 2015 tidak disetujui oleh tim anggaran Pemkab Sidoarjo. Padahal, sesuai Undang-undang Perpustakaan No 143 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah No 24 tahun 2014, jelas diatur perpustakaan desa.

Bahkan, sesuai RPJP Perpustakaan Nasional (Perpusnas) targetnya tahun 2025 seluruh desa di Indonesia harus berdiri perpustakaan. “Kita mulai merintis itu tapi baru dua tahun berjalan, pengajuan anggarannya sudah ditolak,” ujar Sutjipto.

BACA JUGA :  Pemotor Tabrak Pejalan Kaki Tak Beridentitas di Jalur Tengkorak Wonokupang Balongbendo

Mantan Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Sidoarjo tersebut menambahkan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Meskipun, sudah ada permintaan untuk penyediaan perpustakaan dari desa.

Desa-desa yang sudah didirikan perpustakaan, tahun 2013. Diantaranya, Desa Candi, Desa Siwalanpanji, Desa Gemurung, Desa Blurukidul, Desa Kebaron, Desa Permisan, Desa Kedungpandan, Desa Glagaharum dan Desa Kedungsumur.

BACA JUGA :  Indah Kurnia Anggota Komisi XI DPR RI : Sosialisasi dan Edukasi Waspada Pinjol Ilegal Harus Terus Dilakukan

Sedangkan tahun 2014, diantaranya Desa Larangan, Desa Anggaswangi, Desa Betro, Desa Tropodo, Desa Plaosan, Desa Keboharan, Desa Jedongcangkring, Desa Bogem Pinggir, Desa Mlirip Rowo dan Desa Banjarpanji. (st-12)

Berita Terkait

PDAM Delta Tirta Sumbang Rp 13 Miliar Pada Kas Daerah

redaksi sidoarjo terkini

Disporapar Sidoarjo Akan Bangun Dermaga dan Solar Cell di Pulau Sarinah

redaksi sidoarjo terkini

Penerimaan CPNS Khusus Warga Sidoarjo