SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Air PDAM di Kemiri Sering Keruh dan Berwarna Coklat, Ini Alasan Managemen PDAM Delta Tirta

img-20160920-wa0014

(SIDOARJOterkini)- Pelanggan PDAM Delta Tirta yang disuplai air dari IPA (Instalasi Pengolahan Air) Siwalanpaji, Kecamatan Buduran sering kecewa. Pasalnya, air yang mengalir ke rumahnya sering keruh dan berwarna kecoklatan.

Seperti yang menimpa warga di Perumahan Sidoarjo Indah Permai (SIP), Desa Kemiri, Kecamatan Sidoarjo. Dalam beberapa hari ini air PDAM di rumahnya berwarna keruh dan kecoklatan.

Kondisi ini tentu saja membuat pelanggan PDAM Delta Tirta kesal. Pasalnya, kejadian seperti ini sering menimpa mereka.

Prasetyo Budi, warga SIP, Kemiri mengatakan, keruhnya air di rumahnya diketahui saat siang hari. Padahal, air itu biasanya digunakan untuk mandi dan mencuci.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/15 Sukodono Laksanakan Apel Gabungan Ops Ketupat Semeru 2024

Sedangkan untuk keperluan minum dan masak, warga SIP biasanya membeli air dari pejual keliling. “Air dari PDAM sering seperti ini, keruh dan kotor,” ujar Prasetyo.

Ternyata semua warga di Blok F dan SIP lainnya mengalami hal serupa. Air dari PDAM warnanya keruh dan coklat.

Untuk urusan membayar iuran PDAM tiap bulan tidak pernah telat. Jika telat, pasti akan diputus oleh petugas PDAM. “Harusnya air yang dijual PDAM itu bagus dan layak minum. Ini tidak, keruh dan tidak bisa diminum,” tambah Rizal, warga SIP lainnya.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

Warga menduga kalau air baku yang digunakan dari avour Siwalanpanji memang tidak layak. “Sudah sering seperti ini. Kapan kita bisa mendapat pelayanan air bersih, tidak seperti ini air sering keruh dan coklat,” ujar Rizal.

Terpisah, Pjs Direktur Teknik dan Operasional PDAM Delta Tirta Bambang Ribut Sugiatmoko menduga air keruh dan kecoklakan itu karena jaringan pipanya. Pasalnya, sebelum air didistribusikan ke pelanggan selalu diperiksa petugas khusus. “Setiap dua jam sekali kualitas air selalu diperiksa,” tandasnya.

BACA JUGA :  Karyawati Minimarket di Balongbendo Laporkan Atasannya Ke Polisi Usai Dilecehkan

PDAM kemudian membandingkan air dengan wilayah pelanggan lainnya yang masih satu jaringan dan tidak ada masalah. Karena itu, pihaknya menduga karena masalah jaringan pipanya. “Sudah kami koordinasikan dengan PDAM Cabang Sidoarjo,” ucapnya.

Selama ini PDAM Delta Tirta menggunakan peralatan yang konvensional dalam pengelolaan air. Namun hasilnya memenuhi standar dan dianggap sudah cukup baik. (st-12)