SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Adapula Plat Antena Bergambar Salib

Plat antena bergambar salib
Plat antena bergambar salib

(SIDOARJOterkini)- Polres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir, mengatakan sebanyak 64 plat alumunium diamankan karena terdapat huruf Arab, cukilan ayat Al Quran dan lambang salib. “Kami mendapat laporan dari Polres Pasuruan yang menemukan ada cuplikan huruf Arab pada baling-baling belakang antena TV,” ujarnya.

Setelah ditelusuri ternyata pabriknya ada di Tanggulangin. Polres akhirnya menemukan antena serta plat alumunium.

Anwar menuturkan plat tersebut merupakan alas mencetak buku, kalender, poster, dan lainnya. AA mendapatkan plat-plat tersebut dari berbagai percetakan di Surabaya.

BACA JUGA :  Pemotor Alami Luka Serius Usai Terjepit Dua Truk di Simpang 5 Bypass Balongbendo

Berdasarkan pengakuan AA, tadinya sebelum plat-plat tersebut diolah. Namun, pihak pabrik membersihkan konten yang ada di plat tersebut agar terlihat bersih dan mengkilap.

Bahkan, ada karyawan khusus yang membersihkan konten yang ada di plat. “Dibersihkan pakai soda api,” tandas Anwar.

Namun, akhir tahun lalu karyawan yang bertugas membersihkan plat berhenti. Mengejar permintaan, pihak AA lantas langsung membuat antena dari plat itu tanpa dibersihkan.

BACA JUGA :  Kades Tarik Jalani Sidang Perdana di PN Sidoarjo Kasus Gelar Kampanye Pemilu di Balai Desa

Antena itu sudah beredar terutama di Pasuruan. Sebelum menjadi polemik, Polres mengamankan plat serta antena tersebut. “Kita amankan khusus yang ada huruf Arab serta simbol keagamaan,” papar Anwar.

Plat tersebut memang memiliki aksara Arab. Namun, beberapa hanya memiliki arti ‘sarung produk Indonesia’ (futhah intaj Indonesia) karena plat tersebut merupakan bekas cetak stiker berbagai produk sarung.

Sementara cukilan ayat Al Quran ditemukan pada plat bekas kalender. Ada plat yang menampilkan penggalan surat Al Azhab:36, bahkan ada hasil cetak Kitab Kisah Para Rasul, serta poster kebaktian Kristus Jalan Kebenaran dan Hidup yang memiliki simbol salib.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Pantau Wilayah Banjir di Desa Kalisampurno

Untuk AA sendiri, lanjut Anwar, pihaknya tidak melakukan penahanan. Hal ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan MUI Sidoarjo yang menyatakan penggunaan plat tersebut sebagai bahan antena tv dilakukan tanpa ada unsur kesengajaan. “Pihak pabrik tetap berproduksi, namun plat serta antena yang ada simbol keagamaan kami sita,” tandasnya.(alfan)