SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Adam Rusydi Minta Kader Golkar Bersama RT/ RW Bantu Pemkab Sidoarjo Perangi Gangster

 

Foto : Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo Adam Rusydi

(SIDOARJOterkini) – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Adam Rusydi menyatakan maraknya aksi gerombolan gangster yang terjadi di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo akhir-akhir ini harus disikapi secara serius oleh semua pihak baik pemangku kebijakan maupun di masyarakat tingkat bahwa yakni RT/RW di Desa maupun Kelurahan agar tidak meluas.

“Dalam permasalahan ini semua pihak mulai Pemerintah Daerah hingga tingkat pengurus Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW red) harus menyikapi serius maraknya aksi gangster ini,” kata Adam Rusydi, Selasa 06 Desember 2022.

Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo ini mengharapkan peran penting RT dan RW sebagai garda terdepan di masyarakat tingkat bawah (perkampungan red) harus dimaksimalkan dalam upaya pembinaan sejak dini di kampung-kampung mereka.

“Peran RT/RW harus lebih mendekat ke anak muda dengan tidak memandang dari mana anak muda itu berasal dan tingkat pendidikannya. Dengan pendataan dan tentunya membangun komunikasi yang baik dengan para orang tua yang memiliki anak remaja untuk lebih menjaga dan mengawasi putra-putrinya agar tak terpengaruh atau ikut-ikutan aksi yang meresahkan masyarakat (gangster red) tersebut,” harapnya.

Politisi muda Partai Beringin ini menilai jika kasus maraknya aksi gangster ini tak hanya menjadi perhatian pihak Kepolisian saja, atau pihak Pemerintah Daerah saja. Tetapi peran RT/RW sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya gerakan gangster yang masuk ke wilayah perkampungan atau perumahan seperti yang terjadi hingga adanya warga yang menjadi korban sasaran aksi gangster itu.

BACA JUGA :  Pagelaran Wayang Kulit Lakon Pandowo Krido Dalang Ki Cahyo Kuntadi Meriahkan Peringatan Hari Jadi Sidoarjo ke 164

“Pihak kepolisian terus melakukan operasi dan razia dalam menanggulangi aksi gangster ini. Tapi peran penting adalah di RT/RW guna membantu peran kepolisian mencegah adanya aksi gangster yang berkeliaran di perkampungan atau di perumahan warga,”pesannya

BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan

Lebih jauh Adam mengharapkan kepada RT/RW untuk meningkatkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), dengan melibatkan unsur Babinsa, Babinkamtibmas dari TNI/Polri.

“Saya juga mintakan RT/RW untuk siskamling ditingkatkan, dan termasuk patroli bersama unsur TNI/Polri yakni Babinsa dan Babinkamtibmas,” tegasnya.

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini tidak rela jika situasi yang aman dan tentram di Sidoarjo dan Surabaya diusik oleh rasa tidak aman oleh aksi segerombolan gangster yang meresahkan masyarakat ini.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengentaskan aksi gangster ini, tentu kita jangan main menghakimi sendiri. Oleh karena itu saya tekankan melibatkan semua unsur keamanan dengan melibatkan TNI/Polri,” ajaknya.

BACA JUGA :  Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Koramil 0816/11 Tarik Berikan Materi Wasbang dan PBB di SMK Taruna

Adam juga mengintruksikan agar para kader Partai Golkar Sidoarjo mulai pengurus DPD hingga Kecamatan dan pengurus, kader akar rumput untuk terjun membantu RT/RW diwilayahnya dalam penanggulangan aksi maraknya Gangster di tingkat Desa maupun Kelurahan di 18 Kecamatan di Kota Delta.

“Saya instruksikan semua kader hingga akar rumput gotong royong membatu pihak desa, pihak kelurahan hingga ditingkat RT/RW dimana mereka tinggal dalam upaya penanggulangan aksi gangster ini. Harapan kita (Golkar red) bersama menciptakan keamanan, ketertiban dimasyarakat agar aksi gangster ini tak terjadi lagi,” perintahnya.

” Saya juga apresiasi kegiatan bersama melibatkan TNI/Polri dan Pemerintah Daerah dalam patroli menyisir potensi aksi gangster di Kota Surabaya maupun di Kabupaten sidoarjo,” pungkasnya.(cles)