SIDOARJO TERKINI
Indeks

84.225 Kilometer Jalan di Sidoarjo Rusak

Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir.H. Sigit Setyawan, MT.
Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir.H. Sigit Setyawan, MT.

(SIDOARJOterkini)- Perbaikan jalan rusak harus menjadi prioritas tahun 2015. Pasalnya, sampai saat ini kondisi jalan rusak di Sidoarjo mencapai 84.225 kilometer.

Jika dibandingkan dengan panjang jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Sidoarjo 992.311 kilometer, tak sampai 10 persen jalan yang rusak. Namun, jika dibiarkan dan tidak segera diperbaiki akan bertambah parah.

BACA JUGA :  Lima Komunitas dan Karang Taruna di Sidoarjo Gunakan Momen Ramadhan Kemarin Perbaiki Fasum di Desa

Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Ir.Sigit Setiawan mengatakan jika jalan di Sidoarjo terus diperbaiki. Untuk tahun 2014 saja, jalan yang diperbaiki mencapai 13.788 kilometer.

Meski demikian, Sigit Setiawan mengakui jika masih banyak jalan yang rusak menjadi Pekerjaan Rumah (PR) dinasnya. “Salah satu penyebab jalan cepat rusak, kendaraan over tonase dipaksakan lewat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tabrakan Beruntun Libatkan Tiga Truk di Jalan Bligo Candi, Satu Sopir Terjepit

Pihaknya berharap agar kendaraan dengan tonase diatas 10 ton tidak melewati jalan kabupaten. Sebab, jika jalan rusak yang dirugikan adalah masyarakat.

Dari data yang ada, panjang jalan di Sidoarjo 992,331 kilometer. Jalan yang kondisinya baik sekigar 811.641 kilometer, kondisi sedang 95.405 kilometer dan rusak 84.225 kilometer.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/02 Candi Hadiri Istiqhotsah Kubro di Masjid Muktarom Durungbedug

Untuk tahun 2015, lanjut Sigit, pihaknya fokus pada pemeliharaan dan perbaikan jalan. “Kalau untuk pembangunan jembatan tidak seberapa dibandingkan anggaran untuk perbaikan jalan,” tegasnya.

Sedangkan untuk perbaikan jalan tidak bisa dikerjakan sekaligus dalam setahun. Penyebabnya, karena keterbatasan anggaran. (st-12)

Berita Terkait

Digerus Kendaraan Berat, 252 KM Jalan Rusak