SIDOARJO TERKINI
Ekbis Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Politik & Pemerintahan

8 Cara Membedakan antara Action Figure Asli dan Palsu

 

Foto: Karakter Action Figure yang banyak digemari

(SIDOARJOterkini) – Action figure adalah salah satu benda yang banyak dicari oleh para kolektor mainan. Secara sederhana, action figure adalah representasi dari sebuah karakter ke dalam bentuk nyata. Kini sudah banyak sekali karakter action figure yang beredar di pasaran. Contohnya seperti Action Figure Free Fire yang banyak digemari masyarakat.

Harga dari penjualan action figure ini beragam dan bervariasi. Mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Mahal atau tidaknya action figure umumnya tergantung pada ketersediaan produk, serta sejauh mana produk tersebut mirip dengan yang ingin diperlihatkan.

Di samping antusias para penggemarnya, rupanya hal ini dapat membuat beberapa pihak menjadi tidak bertanggung jawab. Mereka secara sengaja membuat versi palsu untuk dijual di masyarakat dan meraup keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini tentunya akan membuat rugi para kolektor, dan penjual orisinalnya.

Meskipun demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan action figure yang orisinal dan tidak. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memerhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Memerhatikan kemasan atau boxnya Memerhatikan secara detail kemasan dari action figure yang ingin Anda beli adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membedakan mana yang asli dan tidak. Figure yang palsu biasanya tidak memiliki kemasan yang lengkap seperti versi aslinya. Warna kemasannya juga cenderung lebih pudar. Serta tidak dilengkapi dengan stiker hologram yang resmi dari distributor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa dengan teliti bagaimana kondisi wujud kemasan figure yang ingin dibeli.

BACA JUGA :  Inovasi "Peduli Dilan" Pemkab Sidoarjo Raih Top 30 Kovablik Jawa Timur 2022

2. Memerhatikan fisik dari action figure Sebab merupakan barang tiruan dengan harga yang lebih murah dari versi orinya, figure palsu akan terlihat lebih jelek dari yang aslinya. Mulai dari posisi karakter yang tidak sesuai, detail dari pembuatan muka, warna yang tidak sesuai, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut dapat Anda lihat secara langsung dengan teliti.

3. Memerhatikan warnanya                       Salah satu hal yang akan jelas terlihat adalah warna dari action figure tersebut. Pada langkah ini, Anda dapat melihatnya pada bagian sendi-sendiri dan bagian mata. Jika warna cat pada bagian itu memudar, kurang rapi, bahkan terlihat asal-asalan, maka dapat dipastikan bahwa action figure tersebut tidak asli.

4. Memerhatikan cetakan
Anda harus memerhatikan cetakan action figure dengan teliti. Perhatikanlah cetakan kepala, tangan, dan bagian lainnya. Perhatikan pula tekstur cetakan tersebut. pada action figure yang palsu, garis cetakan akan terlihat lebih jelas. Umumnya ini terlihat pada bagian kaki dan tangan. Akan terlihat tidak detail, dan asal-asalan dalam mencetaknya. Contoh sederhananya seperti mata kiri yang sedikit lebih baik.

BACA JUGA :  Jasad Bayi Ditemukan Operator Alat Berat Bercampur Sampah di TPA Jabon

5. Brand atau merknya                                  Hal ini ternyata sering terlewat untuk diperhatikan. Padahal, merek produk yang Anda beli adalah hal yang sangat penting. Anda harus memerhatikan dengan jelas merk asli yang ingin dibeli. Sebab banyak pada penjual nakal yang mengatakan bahwa merk yang mereka beli mirip dengan aslinya.

6. Tekstur dan kualitas dari bahan
Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Sebelum membeli, pastikan bahwa Anda memahami bahan pembuatan action figure yang ingin Anda beli. Setelah itu Anda lihat bagaimana produk yang ingin dibeli. Jika tekstur bahannya terkesan lebih kasar, maka kemungkinan besar produk tersebut tidak asli.

7. Memerhatikan harga jual
Sebelum memutuskan untuk membeli action figure, Anda harus mencari referensi tentang harga resmi figure tersebut lebih dulu. Jika Anda menemukan suatu action figure dijual dengan harga yang sangat murah dan anjlok dari harga aslinya, maka harus dicurigai bahwa produk tersebut tidak asli.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Tinjau Proyek SMPN 2 Tulangan Progres Capai 90 Persen

8. Membeli di penjual yang tepercaya
Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari perolehan action figure yang palsu adalah dengan membeli pada penjual yang tepercaya. Tidak perlu khawatir sulit dalam menemukannya, sebab saat ini sudah banyak penjual tepercaya di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan para distributor resmi dari produk action figure yang Anda ingin beli.

Dalam menemukannya, Anda bisa bertanya langsung pada komunitas action figure.
Anda juga bisa mengunjungi situs resmi seorang produsen action figure, kemudian melihat siapa saja distributor resminya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membeli dari situs luar negeri. Akan tetapi, pastikan situs yang Anda kunjungi tepercaya dan legal. Serta memiliki sistem pembayaran yang jelas.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli di e commerce atau platform jual beli online yang sudah tepercaya. Banyak sekali platform jual beli online yang ada di Indonesia, salah satunya seperti Blibli. Platform yang khas dengan warna birunya adalah situs tepercaya yang diawasi langsung oleh pemerintah. Tidak hanya itu, banyak dari toko-toko di dalamnya memberikan garansi terhadap produk yang mereka jual. (*)