SIDOARJO TERKINI
Ekbis Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik Di Balikpapan Tahun 2022

 

(SIdoarjoterkini) – Sebagai salah satu kota besar di Provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan punya potensi wisata yang tidak main-main. Meski dikenal luas sebagai Kota Minyak, Balikpapan ternyata juga memiliki banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi.
Untuk menuju ke sana untuk berwisata, kamu bisa lewat jalur udara. Apalagi, Balikpapan memiliki bandara internasional, yakni Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport. Karena itu, ada banyak maskapai, termasuk Batik Air yang membuka rute penerbangan langsung ke Balikpapan.

Agar lebih mudah dalam memesan tiket pesawat ke Balikpapan, kamu bisa menggunakan Traveloka. Sebab, ada banyak promo menarik yang ditawarkan sehingga penerbanganmu lebih hemat. Kamu pun dapat mengatur reschedule ataupun refund dari pembatalan penerbangan lebih praktis lewat Traveloka.

Well, apakah kamu penasaran apa saja destinasi wisata yang patut dikunjungi saat berada di Balikpapan? Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya!

1. Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Foto: Hutan lindung Sungai Wain/Ist

Lokasi: Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur
Hutan lindung seluas 10.025 hektar ini menyajikan pemandangan perbukitan, sungai, dan rawa bakau sekaligus. Untuk menyusuri pemandangan-pemandangan tersebut di hutan lindung ini telah disediakan lima trek bagi para pengunjungnya.
Sebagai contoh, trek 1 kilometer, trek sedang, sampai trek panjang sampai trek panjang sampai 6 kilometer. Beragam satwa endemik bisa kamu temukan di hutan lindung ini seperti beruang madu, macan dahan, kukang, kera ekor panjang, bekantan, dan lutung merah.
Selain satwa, burung langka seperti burung pelatuk dan burung enggang bisa kamu jumpai di sini. Lalu, untuk beragam tanaman langka yang terdapat di hutan lindung ini antara lain aneka anggrek, kantung semar, aneka jamur, serta Jahe Balikpapan.
Untuk menuju ke hutan lindung ini, jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Adapun, Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain ini dibuka setiap hari dari jam 6 pagi hingga pukul 6 sore.

BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan

2. Penangkaran Buaya Balikpapan

Foto: Penangkaran buaya Balikpapan/Ist

Lokasi: Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur
Penangkaran buaya yang sudah berdiri sejak tahun 1996 ini menempati lahan seluas 5 hektar. Tercatat ada sekitar 1.400 buaya yang berada di penangkaran ini.
Secara khusus, ada 3 jenis buaya di penangkaran ini yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis), buaya supit (tomistoma segellly), dan buaya muara (Crocodylus porosus). Tidak perlu khawatir saat berkunjung, karena buaya di penangkaran ini ditempatkan pada puluhan kandang yang sudah terkunci rapat.
Para pengunjung juga bisa mencoba memberi makan langsung para buaya dengan membeli ayam hidup yang telah tersedia. Kebanyakan buaya di penangkaran ini sengaja dipelihara untuk diambil daging dan kulitnya.
Kulit buaya dari penangkaran ini diekspor ke Eropa untuk menjadi bahan baku pembuatan tas, dompet, ikat pinggang, serta beragam produk lainnya. Sedangkan dagingnya kerap dijadikan sate dan dijual di penangkaran ini setiap akhir pekan.
Selain buaya, kamu pun dapat menaiki Gajah Lampung yang terdapat di penangkaran ini. Sebagai informasi, Penangkaran Buaya Balikpapan dibuka setiap hari dari jam 8 pagi hingga pukul 5 sore.

BACA JUGA :  Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Koramil 0816/11 Tarik Berikan Materi Wasbang dan PBB di SMK Taruna

3. Danau Cermin

Foto : Danau Cermin /Ist

Lokasi: Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur
Danau ini punya air yang sangat biru dan bening. Saking beningnya, air danau ini terlihat seperti cermin. Perlu diketahui, danau cermin sendiri terbentuk dari tanah cerukan yang pada akhirnya terisi oleh air hujan hingga membentuk danau seperti sekarang ini.
Pemandangan di danau ini sangat indah karena dikelilingi pepohonan yang hijau dan rimbun. Karena itu, banyak orang yang datang ke Danau Cermin untuk berburu foto-foto eksotis.

4. Pantai Monpera

Foto :Pantai Monpera/ist

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RT.11, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur
Nama pantai ini berasal dari Monumen Perjuangan Rakyat, patung perunggu yang menggambarkan tiga orang sedang mendirikan tiang bendera. Pada awalnya, monumen ini akan menyambutmu ketika memasuki pantai ini. Hanya saja, monumen ini sudah roboh sejak tahun 2016.
Garis pantai ini membentang cukup luas dengan hamparan pasir putih yang cantik. Kebanyakan pengunjung datang ke tempat ini untuk bermain pasir ataupun bermain air. Namun, tidak jarang juga pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dari Pantai Monpera.

BACA JUGA :  Peringati Harjasda Ke-164, Bupati Sidoarjo Bersama Habaib dan Ribuan Jama'ah Majelis Dzikir Al-Khidmah Gelar Doa

5. Kampung Atas Air

Foto :Kampung Atas Air/Ist

Lokasi: Jl. Sepaku Laut, Marga Sari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Berada di atas permukaan air laut, kampung ini berada di area dengan luas 6,7 hektar. Jembatan dari kayu ulin menjadi jalan utama dari kampung atas air ini. Yang menarik, rumah-rumah penduduk di kampung ini dibangun di atas permukaan air laut yang memenuhi area tersebut.

Di belakang kampung ini, kamu bisa menemukan sebuah jembatan beton. Dari atas jembatan ini, kamu dapat menyaksikan pemadaman area hutan bakau yang indah. Menjelang malam, gazebo-gazebo di dekat jembatan beton ini akan dimanfaatkan warga kampung untuk berjualan aneka kuliner.

Nah, itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Balikpapan. Apakah kamu tertarik mengunjunginya? Yuk, segera persiapkan liburanmu ke Balikpapan bersama Traveloka ya! (*)