SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Terus Berupaya Wujudkan UHC Yang Nyata

 


SIDOARJO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sidoarjo terus berupaya memberikan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, yakni dengan melakukan perwujudan cakupan Universal Health Coverage (UHC) yang nyata dan manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Kepala BPJS Kesehatan, Yessy Novita menyatakan bahwa saat ini tingkat peserta aktif Program JKN di wilayah Sidoarjo adalah (71,08%) dari 1.936.470 jiwa yang telah terdaftar menjadi peserta Program JKN. Dan saat ini pihaknya terus menggenjot keaktifan peserta yang telah terdaftar.

“Saat ini kami terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keaktifan peserta JKN di wilayah Kabupaten Sidoarjo, hal ini dilakukan melalui beberapa hal untuk terus meningkatkan jumlah peserta aktif yang telah terdaftar menjadi peserta JKN,”ujar Yessy.

BACA JUGA :  Dengan Suasana Kekeluargaan, PSHW-TM Ranting Sidoarjo Kota Gelar Halal Bihalal di Makodim 0816 Sidoarjo

Yessy mengungkapkan bahwa berbagai upaya peningkatan jumlah peserta aktif dilakukan untuk semua segmen kepesertaan dan yang berjalan sampai saat ini adalah dengan melakukan jemput bola ke desa-desa di wilayah Sidoarjo untuk menjaring peserta, terus melakukan upaya telekolekting untuk meningkatkan pembayaran iuran peserta yang tidak aktif karena menunggak dan melakukan upaya pemeriksaan kepatuhan untuk peserta dari sektor Peserta Penerima Upah (PPU) dan termasuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Sidoarjo dalam hal untuk meningkatkan jumlah masyarakat Sidoarjo yang didaftarkan menjadi peserta

“Selain melakukan berbagai upaya, kami pun membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk terus dapat mewujudkan manfaat dari UHC ini terutama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo,” tambah Yessy.

BACA JUGA :  Koramil 0816/02 Candi Laksanakan Kegiatan Pembukaan Lahan Untuk Penanaman Jagung di Kebonsari

Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus mematangkan penambahan peserta aktif dari segmen Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID) yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Yessy menuturkan bahwa saat ini untuk mencapai keaktifan peserta menjadi 75% dibutuhkan penambahan peserta aktif kurang lebih 100.000 jiwa, diharapkan penambahan peserta aktif tersebut
terutama berasal dari dari segmen PBID yang mana dari sejumlah masyarakat yang pernah didaftarkan oleh Pemda Sidoarjo (299.104 jiwa) yang kartunya aktif saat ini adalah 22,58% atau sejumlah 66.653 jiwa.

Tingkat keaktifan peserta dari cakupan peserta terdaftar sangatlah penting, yang mana bila telah mencapai 75% masyarakat yang didaftarkan oleh Pemda Sidoarjo bisa langsung aktif dan dapat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tanpa ada jeda masa tunggu untuk kartu aktif.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Hadiri Halal Bihalal yang Digelar PGRI

“Hal ini yang terus kami upayakan karena dengan tercapainya tingkat keaktifan peserta yang mencapai 75%, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang membutuhkan layanan Kesehatan,” tutur Yessy.

Yessy mengungkapkan bahwa sangat penting menjadi Peserta JKN aktif karena masyarakat mendapatkan kepastian penjaminan kesehatan untuk dirinya dan keluarganya.

“Penting dipastikan oleh masyarakat apabila telah menjadi Peserta JKN, kartunya dalam kondisi aktif atau tidak, agar saat tiba-tiba terjadi risiko sakit sudah tidak kebingungan mencari penjaminan masalah
biaya,” tutup Yessy.(*/cles)