SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Bupati Sidoarjo Launching PSC 119 dan Griya Sehat, Untuk Layanan Kesehatan Respon Cepat

 

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat meresmikan gedung PSC 119 di jalan Untung Suropati No 4 Sidoarjo (05/12)

(SIDOARJOterkini) – Sebagai wujud  komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meresmikan Gedung Public Safety Center (PSC) 119 dan Griya Sehat, yang beralamat di jalan Untung Suropati No 4 Sidoarjo kota.Senin 05 Desember 2022.

“Keberadaan Gedung PSC 119 dan Griya sehat ini diharapkan pelayanan kesehatan bisa dilayani dengan baik dan direspon dengan cepat,”ungkap Bupati Muhdlor.

Dijelaskan Bupati, PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan, PSC 119 dibentuk untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera. Keberhasilan Pelayanan PSC 119 ditentukan oleh Respon time, artinya semakin cepat dalam memberikan pertolongan maka korban akan tertolong.

“Untuk itu saya tekankan kepada masyarakat untuk tidak main-main dengan layanan telepon 119 pergunakan dengan benar, karena, dari 1.400 telepon yang masuk ke pesawat 119 sekitar 800 an terlacak telepon hantu, ini tentu tidak boleh dilakukan lagi,”ucapnya.

Bupati meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan agar selalu memonitor dan melakukan evaluasi secara berkala, membenahi segala kekurangan dan memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Koramil 0816/11 Tarik Berikan Materi Wasbang dan PBB di SMK Taruna
BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan

“Semua petugas PSC 119 termasuk sopir ambulans agar menjalankan tugas dengan tanggung jawab,”tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Fenny Apridawati

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr Fenny Apridawati mengatakan, dengan beroperasinya PSC 119 , pihaknya akan siap melayani kesehatan dengan cepat dan efektif. PSC 119 akan memberikan pertolongan gawat darurat sebelum perawatan rumah sakit. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan respon cepat, dengan semua sarana prasarana pendukungnya berupa gedung, ambulance dan pelayanan secara gratis.

BACA JUGA :  Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Koramil 0816/11 Tarik Berikan Materi Wasbang dan PBB di SMK Taruna

“PSC 119 Kab Sidoarjo, membantu masyarakat untuk memberikan bantuan saat dalam keadaan gawat darurat dengan cara menghubungi 119. Kami akan memberikan bantuan secara cepat. Tugas utama yang penting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dan jangan pernah memainkan 119 atau 112,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan gawat darurat bisa menghubungi nomor : 081284161119 lewat nomor hp/smartphone.(cles)