SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Danramil Krian Hadiri Peresmian Unit Usaha BUMDes Mitra Usaha Desa Sidorejo

 

(SIDOARJOterkini) – Danramil 0816/09 Krian Kapten Inf Sanusi menghadiri Peresmian Unit Usaha BUMDes Mitra Usaha Desa Sidorejo Krian yang dilakukan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kab Sidoarjo. Sabtu, 26 Maret 2022.

Peresmian Warung Lapangan yang di kelola oleh BUMDes “Mitra Usaha” Desa Sidorejo, Kecamatan Krian tersebut merupakan komitmen pemkab Sidoarjo dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo di masa pandemi covid 19. Pertumbuhan ekonomi tersebut digerakkan dari bawah dengan mensupport pertumbuhan ekonomi kreatif, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Desa Sidorejo Agus menjelaskan bahwasannya Desa Sidorejo yang terdiri dari 7 dusun, 72 RT, 13 RW dengan luas wilayah kurang lebih 204 ribu hektar, berkeinginan kuat menjadikan lapangan ini sebagai alun – alunnya Desa Sidorejo.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Bupati Sidoarjo. Melalui dana BK sudah realisasikan menjadi Warung Lapangan, yang akan menjadi sentra kuliner warga Desa Sidorejo. Kedepannya pembangunan ini bisa berkelanjutan,” jelasnya.

Bupati Sidoarjo menyampaikan, terbentuknya Bumdes sejalan dengan arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, ketika berkunjung di Kabupaten Sidoarjo beberapa waktu lalu. Salah satu target ke depan seluruh desa di Kabupaten Sidoarjo harus memiliki BUMDes.

“BUMDes ini adalah hal yang bisa menyokong perekonomian. Ada dua jenis perekonomian yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro. Kalau ingin survive maka yang diperkuat ekonomi mikronya, yang berkaitan dan menjangkau langsung masyarakat,” jelas Ahmad Muhdlor.

“Sekali lagi saya harapkan ini harus dijaga penuh dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi, sekaligus bisa memasarkan produksi dari warga sekitar (UMKM). Program seperti ini bisa mengangkat Desa Sidorejo yang mempunyai daya saing,” tambahnya.

Sementara itu Danramil 0816/09 Krian Kapten Inf Sanusi berharap dengan diresmikannya Unit Usaha BUMDes Mitra Usaha Desa Sidorejo bisa menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Peningkatan atau pemulihan ekonomi selama masa pandemi harus mengembangkan krestifitas dan potensi dari masyarakat setempat dari desa ke kota,

“Keberadaan Bumdes bisa membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi Desa. Meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.” pungkas Kapten Inf Sanusi. (cles)