SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

3500 Pencari Kerja Serbu Bursa Kerja di Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)- Bursa Kerja Terbuka (BKT) merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk menumbuh kembangkan pembangunan ketenaga kerjaan yang telah tertuang dalam misi RPJMD tahun 2016 – 2021. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.
Diungkapkan Saiful, meningkatnya perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi berbasis Industri pengolahan, pertanian, perikanan, pariwisata, UMKM, dan koperasi serta pemberdayaan masyarakat, dengan target menurunkan tingkat Pengangguran Terbuka.
“BKT ini  menginformasikan pasar kerja dan lowongan kerja baik Antar Kerja Lokal (AKL), maupun Antar Kerja Antar Daerah AKAD), yang bisa diakses dengan baik oleh para pengusaha dan pencari kerja,” jelasnya saat membuka Bursa Kerja Terbuka, di Gor Delta Sidoarjo, Selasa (8/5/2018).
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo, Arif Makin, SH menyatakan, BKT  (Bursa Kerja Terbuka) bertujuan untuk  memberikan pelayanan kepada pencari kerja yang telah memiliki kartu pencari kerja, dan telah mendaftarkan diri untuk memperoleh informasi lowongan kerja.
“Sebanyak 55 perusahaan dari Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya yang menyediakan 2.890 lowongan pekerjaan mengikuti BKT ini. Dan lebih dari 3.500 pencari kerja datang ke sini,” jelas Arif.
Di Kabupaten Sidoarjo jumlah pengangguran terbuka terus di tahun 2015 sebesar 68.311 orang, dan di tahun 2017 turun menjadi 53.475 orang. Penurunan jumlah pengangguran terbuka ini tentunya didukung oleh semua pihak dengan pelayanan, penempatan kerja dan jabatan secara optimal, mengingat setiap pencari kerja memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. (cles)