Dewan Minta Pengesahan Raperda PDAM Delta Tirta Ditunda

November 11, 2020

 

Perwakilan Fraksi-fraksi DPRD Sidoarjo saat memberikan rekomendasi Pandangan Umum kepada Pimpinan DPRD Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyertaan modal dan Perubahan nama Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo diminta pengesahannya di tunda.

Penundaan pengesahan tersebut disampaikan Fraksi-fraksi melalui Pandangan Umum (PU) Fraksi yang diwakili Arief Bachtiar dari Fraksi Golkar, dalam Rapat Paripurna DPRD Sidoarjo, Rabu 11 November 2020.

Choirul Hidayat Ketua Pansus kedua Raperda tersebut memahami permintaan penundaan pengesahan. Menurutnya memang ada beberapa hal yang harus dilengkapi, salah satunya, kajian investasi lima tahunan yang belum dipaparkan dari pihak PDAM Delta Tirta Sidoarjo.

BACA JUGA :  Di Era Kelana Astutik Nanti Tidak Ada Lagi Jalan Desa Tak Layak

“Iya, teman-teman fraksi mintanya kajian dan pemaparan bisnis plane selama lima tahun kedepan. Sedangkan mereka (PDAM Delta Tirta, red) baru hanya melampirkan kajian bisinis plane-nya dalam satu tahun,” Kata Choirul Hidayat saat ditemui di Ruang Komisi A DPRD Sidoarjo.

Mantan Kepala Desa Lebo itu menjelaskan, bisnis plan lima tahunan tersebut sangat penting untuk dijadikan lampiran yang tidak terpisahkan dari Raperda penyertaan modal tersebut.

BACA JUGA :  Tanggapi Keluhan Sampah Liar di Flyover Trosobo, Ini Langkah Pj Bupati Sidoarjo

“Bahkan saat kami konsultasi ke provinsi, bussines plannya juga harus disertai kajian ekonomi daerah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Minim Kontribusi, PD Aneka Usaha Hanya Sumbang PAD Rp 220 Juta Dalam Satu Tahun

Disisi lain, kata legislator PDI Perjuangan itu, mengatakan, terkait pemilihan direksi Perumda Delta Tirta nanti, DPRD Sidoarjo meminta untuk dilibatkan dalam penyusunan panitia seleksi.

“Jadi kami minta dilibatkan dalam hal pembentukan tim seleksinya itu. Dalam waktu dekat kami rencananya akan bertemu dengan tim perumus dari PDAM. Nanti baru dilihat perkembangannya,” pungkasnya (pung/cles).