Dewan dan Pemkab Kompak Bangun Waduk Atasi Banjir di Desa Banjarasri dan Kedungbanteng

November 11, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo meninjau langsung masalah banjir. Desa Kedungbanteng dan Banjarasri, Tanggulangin.

Banjir yang menimpa dua desa tersebut sudah terjadi sejak awal bulan November. Beberapa mesin pompa air sudah dikerahkan. Belum juga surut.

Anang Siswandoko Wakil Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo meminta pemkab melakukan langkah kongkrit. Jangka pendek maupun solusi jangka panjang.

“Eksekutif harus segera melakukan langkah taktis dan kongkrit untuk menuntaskan banjir yang sudah langganan ini,” Kata Anang Siswandoko saat dikonfirmasi usai sidak bersama rombongan Komisi C yang juga didampingi OPD terkait, Rabu 11 November 2020.

Anang menjelaskan, langkah taktis yang dapat dilakukan eksekutif adalah dengan penyekatan sungai. Aliran sungai Gedangrowo diarahkan ke sungai Desa Penatarsewu.

BACA JUGA :  Rencana Pembangunan Depo Arsip Kandas di Tangan Tim Anggaran

“Solusi jangka pendeknya bisa juga dengan penyekatan aliran sungai, supaya air bisa terbagi dan cepat terurai,” jelas ketua Fraksi Gerindra itu.

Anang menambahkan, untuk semakin mempercepat penyerapan air maka perlu ditunjang dengan pompa yang handal. Agar, setelah diskat air bisa terkuras dengan cepat.

BACA JUGA :  Muslimat Ketegan Ingin Punya Pemimpin Sidoarjo yang Ada Muslimatnya

Selanjutnya, Komisi C juga sepakat jika ada pembangunan waduk sebagai solusi jangka panjang. Tujuanya memang sebagai lokasi penampungan air di wilayah yang kerap direndam banjir itu.

Namun pembangunan waduk juga perlu ditunjang dengan pintu air yang bisa buka tutup. Sehingga ketika air laut pasang dan curah hujan tinggi pintu air bisa dibuka sebagai tempat penampung air.

Anang melanjutkan, rekomendasi pembangunan waduk itu juga akan dibawa ke pembahasan anggaran. Salah satunya dalam pembahasan APBD 2021. Agar, proyek untuk pembangunan waduk itu dapat pos anggaran.

BACA JUGA :  Pembangunan Waduk Untuk Atasi Banjir di Tanggulangin Tak Masuk APBD 2021

Disamping itu, Komisi C juga menampung sejumlah usulan dari warga. Diantaranya pembangunan tanggul permanen Desa Banjarpanji, dan pengurukan masal untuk Desa Kedungbanteng.

Dalam kesempatan itu, Hamzah, anggota Komisi C DPRD juga mengingatkan kepada masyarakat untuk ikut peduli. Salah satunya kebiasaan membuang sampah di sungai.

“Termasuk penggunaan lahan stren kali yang tidak semestinya,” pungkasnya.(pung/cles)