Dandim Sidoarjo dan Yussar Stable and Riding Gelar Kompetisi Berkuda Equestrian

November 7, 2020

 

Foto bersama Forkopimda Sidoarjo dengan Atlet Berkuda Yussar Stable and Riding di Kalidawir Kecamatan Tanggulangin

(SIDOARJOterkini) – Dalam rangka memperingati hari pahlawan 2020, Kodim 08/16 menggelar Dandim Equestrian Yussar Internal Cup 2020 yang di ikuti dari internal atlet binaan Yussar Stable and Riding di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo.

Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi Dandim 08/16 Kabupaten Sidoarjo mengatakan sejak terjadinya pandemi covid-19, kompetisi olahraga untuk atlet berkuda ini tidak pernah dilaksanakan.

Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat memacu dan memotivasi para atlet berkuda untuk bisa berlatih dan berprestasi kedepan.

BACA JUGA :  Garda Puti Soekarno Door To Door Menangkan Kelana-Astutik

“Untuk hari ini di ikuti sekitar 50 atlet Binaan dari Yussar Stable and Riding. Hari ini ada sekitar 14 kelas yang di pertandingkan,” Katanya saat ditemui usai membuka acara Dandim Equestrian Yussar Internal Cup di Kalidawir, Tanggulangin. Sabtu 7 November 2020.

Selain sebagai wadah pembinaan atlet berprestasi, Yussar Stable and Riding ini juga dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Ini merupakan satu-satunya tempat olahraga yang juga sebagai pusat wisata yang ada di Sidoarjo,” jelasnya.

Sementara, Zahlul Yussar Owner Yussar Stable and Riding menjelaskan, kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Kodim 08/16 Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan pengalaman bertanding. Karena, atlet itu ibarat pisau. Kalau tidak sering diasah maka akan tumpul.

BACA JUGA :  Sambangi Balai Wartawan, BHS Janjikan Keterbukaan Informasi Publik dan Pemerintahan Yang Bersih

“Dandim Cup ini juga untuk memacu kemampuan dan mental dalam bertanding,” ungkap anggota DPRD Sidoarjo itu.

Ditengah pandemi, tambah Zahlul memang porsi latihan sedikit berkurang, jika dibandingkan dengan sebelumnya. Dari yang biasanya 5 kali latihan, sekarang hanya 2 sampai 3 kali latihan dalam satu minggu.

“Even Equestrian ini pertama kali diadakan di Sidoarjo, dan pelaksanaanya ini sudah sesuai dengan standard nasional, baik dari segi lapangan maupun kategori yang dilombakan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tanggapi Keluhan Sampah Liar di Flyover Trosobo, Ini Langkah Pj Bupati Sidoarjo

Disisi lain, Politisi muda itu berharap ada kolaborasi dan dukungan dari Forkopimda Kabupaten Sidoarjo untuk melaksanakan even dengan piala bergilir yang dapat di ikuti secara Nasional.

“Dukungan semua pihak ini sangat penting untuk memajukan olahraga berkuda ini, karena atlet kita juga banyak yang berprestasi. Ini merupakan kebanggaan tersendiri untuk Sidoarjo,” pungkasnya.

Dandim Cup Equestrian ini memperlombakan 14 kelas dengan tiga kategori, under 12 children, Junior Usia dibawah 21 tahun, dan juga kategori senior. (pung/cles).