Mulai Bangun Frontage Road Depan Aloha, Siapkan Anggaran 59 Miliar di 2021

November 6, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Pemkab Sidoarjo sudah mulai kembali mengerjakan pembangunan fisik untuk Frontage Road Waru-Buduran. Setidaknya dari (31/10) satu unit alat berat sudah mulai melakukan pengurukan tanah di depan monumen pesawat aloha.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sidoarjo, Henry Pasuluh menjelaskan, sebenarnya pada tahun ini, sudah dianggarkan Rp 10 Miliar untuk pembangunan fisik,

“tapi setelah dilakukan negosiasi saat lelang akhirnya sepakat menjadi Rp 7 Miliar,” Kata Henry saat dikonfirmasi, Jumat 6 November 2020.

BACA JUGA :  Peluang Besar Sidoarjo Bisa Setara Dengan Surabaya

Sedangkan untuk anggaran tahun 2021, kata Henry direncanakan anggaranya Rp 68 Miliar untuk pembebasan lahan, dan Rp 59 Miliar untuk pembangunan fisik.

“Ya mudah-mudahan pada 2021 sudah selesai semuanya, karena memang ini sangat dinanti oleh masyarakat sidoarjo,” jelasnya.

Pengerjaan proyek sepanjang 9,2 kilometer itu mendapat perhatian khusus dari DPRD Sidoarjo. Menurut Anang Siswandoko Wakil Ketua Komisi C mengatakan pihaknya akan mengawal ketat proyek pembangunan Frontage Road.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Seduri Balongbendo, 4 Korban Jalani Perawatan Medis

Sebab, selain sudah menjadi program prioritas yang masuk dalam RPJMD Kabupaten Sidoarjo, proyek tersebut juga sangat dinanti masyarakat.

“Dalam RPJM sudah jelas, bahwa Frontage Road harus selesai di tahun 2021, tapi sampai saat ini progresnya belum begitu jelas,” Jelas Anang Siswandoko.

BACA JUGA :  Kiat Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

Ketua Fraksi Gerindra itu mengakui, memang kendala utamanya ada di pembebasan lahan, sehingga kedepan dihasilkan masalah pembebasan lahan dapat segera diatasi.

“Kami minta, untuk pembebasan lahan benar-benar dikerjakan secara maksimal, agar Frontage Road ini dapat diselesaikan sesuai dengan target,” pungkasnya.(pung/cles)