Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan, Gus Muhdlor Gagas Program 20 Ribu UMKM Naik Kelas dan Renovasi 2 Ribu Warung

Oktober 31, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Untuk membangkitkan ekonomi masyarakat memang di butuhkan intervensi dari pemerintah. Sebab tanpa perhatian pemerintah, para pelaku usaha Ultra Mikro atua UMKM akan sulit bersaing dengan toko ritel yang sudah mulai masuk sampai pelosok desa.

Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhldor), Calon Bupati Sidoarjo punya cara khusus untuk memperlakukan para penggerak ekonomi kerakyatan ini bangkit kembali ditengah bencana covid-19. Caranya memberikan stimulus 207.664 Usaha Mikro (Data BPS Sidoarjo 2019. red).

“Kami sudah menyiapkan 20 ribu UMKM naik kelas dengan cara memberikan stimulus sesuai dengan level atau tingkatan,” Kata Paslon dengan tagline Sidoarjo MAS itu, Sabtu, 31 Oktober 2020.

BACA JUGA :  Evaluasi SAKIP, Pj Bupati Sidoarjo Targetkan Tahun 2021 Nilai Semua OPD AA

Putra Kh. Agoes Ali Mashuri Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat itu, menegaskan bantuan stimulus tersebut tidak hanya sekedar diberikan begitu saja. Tapi juga disiapkan dengan program pelatihan dan pengawasan sesuai dengan bidang usahanya.

“Saya yakin, dengan program ini, pelaku usaha UMKM ini akan terus tumbuh dan berkembang dan dapat menciptakan lapangan kerja baru,” tegas Paslon yang diusung PKB itu.

BACA JUGA :  DPRD Sidoarjo Ajak Masyarakat Tidak Golput di Pilkada 2020

Selain itu, tambah Gus Muhdlor, juga menyiapkan program renovasi 2 ribu warung setiap tahun. Tujuannya, para pelaku usaha ultra mikro ini, tidak semuanya dapat mengakses permodalan, sehingga dibutuhkan kebijakan khusus untuk menjembatani keinginan mereka.

Apalagi, warung juga sebagai sarana komunikasi dan interaksi masyarakat. Kalau warung-warung di Sidoarjo bagus, maka masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk berbelanja.

BACA JUGA :  Pemkab Kembali Berlakukan Parkir Konvensional Mulai Januari

“Anggaran Renovasi setiap warung itu, Rp 5 Juta. Kalau warungnya sudah bagus, tidak kumuh, maka masyarakat akan senang berbelanja disitu. Makanya nanti kita akan membuat gerakan membeli di warung sekitar,” Jelas Gus Muhdlor Calon Bupati yang berpasangan dengan H. Subandi (pung/cles).