Ini Kelanjutan 1.700 KTP di Kecamatan Waru yang Belum Didistribusikan

Oktober 17, 2020

 

Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo saat sidak di Kecamatan Waru

(SIDOARJOterkini) – Komisi A DPRD Sidoarjo menggelar sidak ke kecamatan waru, terkait dengan temuan 1.700 KTP yang belum dibagikan ke pemiliknya.

Warih Andono Sekretaris Komisi A mengatakan, kehadirannya di Kecamatan Waru ingin mengetahui, alasan banyaknya KTP yang belum dibagikan.

“Setelah kami lihat langsung, ternyata tumpukan KTP itu sudah dibagikan ke pemiliknya, saat ini tinggal sekita 20 persen sedang dalam proses pendistribusian,” Katanya saat dikonfirmasi usai sidak yang juga dihadiri semua kepala desa setempat. Jumat 16 Oktober 2020.

Selain meninjau pendistribusian KTP, Rombongan Komisi yang membidangi hukum dan pemerintahan itu melihat proses pelayanan pencetakan kartu penduduk di Kecamatan Waru.

Karena, menurutnya, di sejumlah kecamatan ada masyarakat yang mengeluhkan prosesnya lama.

“Ternyata disini (Kec. Waru) untuk pencetakan KTP cukup dengan lima menitan sudah selesai, makanya saya menghimbau untuk Kecamatan lain agar melakukan hal yang sama,” ungkapnya.

Sementara, Plt. Camat Waru, Mahendra Rudi mengatakan pendistribusian ktp sudah hampir semua sampai ke pemiliknya. Hanya saja, untuk yang didistribusikan tapi tidak ada orangnya. Akan kembali dikirim melalui PT Pos.

“Kemarin, pemkab kan sudah kerjasa dengan pos, makanya dengan program ngartis itu akan kami distribusikan,” katanya.

Lebih lanjut, Rudi memastikan bahwa untuk pengurusan ktp cukup dilakukan 5 menit saja “untuk ktp yang rusak, hilang atau pindah alamat, cukup dilakukan dengan limat menit saja, untuk ketersediaan blanko juga masih aman,” pungkasnya (pung/cles)