Dukcapil Sidoarjo Buka 5 Jenis Layanan di Sabtu-Minggu, Salah Satunya Percetakan KTP

Oktober 16, 2020

 

Reddy Kusuma Kepala Dispendukcapil Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo menambah jam layanan, dari sebelumnya mulai senin sampai jumat. Kali ini Sabtu dan Minggu masih membuka pelayanan. Progam ini di beri nama, Dukcapil Weekend Service mulai bulan Oktober sampai 9 Desember mendatang.

Ada lima jenis layanan yang dapat dilakukan di hari weekend, diantaranya, Perekaman/percetakan KTP, Kartu Identitas Anak/Keluarga dan Akta Kelahiran. Dan akan dilayani secara online yang dapat diakses melalui SAE-capil.

Reddy Kusuma Kepala Dispendukcapil Sidoarjo mengatakan program ini dalam rangka menyambut pilkada, karena untuk mendapat hak pilih, salah satunya harus memiliki KTP.

“Penambahan jam layanan ini, untuk sementara hanya di Dukcapil, terlebih lagi untuk pemilih pemula supaya memiliki hak pilih,” Katanya saat dikonfirmasi sidoarjoterkini.com, Jumat 16 Oktober 2020.

Reddy menambahkan, Untuk pemilih pemula yang belum melakukan rekam KTP di prediksi sebanyak 30 ribuan. dari total wajib KTP masyarakat sidoarjo sebesar 1.500.000.

“Ini merupakan upaya dukcapil mensupport KPU Sidoarjo dalam menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat pilkada nanti,” ucap pria kelahiran sumenep itu.

Bagaiman dengan ketersediaan Blanko untuk KTP ?, Reddy Kusuma menegaskan bahwa untuk cadangan Blanko KTP di Sidoarjo masih tercukupi, karena hal ini juga merupakan komitmen dari pemerintah pusat.

“Persedian Blanko KTP sampai bulan desember masih cukup, dan tidak ada masalah, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, dukcapil akan berkirim surat kepada Kecamatan untuk dapat memberikan layanan di hari weekend. Tapi itu semua tergantung dari pihak camat masing-masing.

“Saya berharap Kecamatan juga melakukan hal yang sama, karena ini momennya untuk Pilkada dan Pilkades juga,” pungkasnya (pung/cles).