Pansus DPRD Sidoarjo Mulai Bahas Perubahan Status PDAM Delta Tirta Menjadi Perumda

Oktober 14, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Panitia khusus (pansus) DPRD Sidoarjo tentang perubahan nama atau status PDAM Delta Tirta sudah mulai melakukan pembahasan.

Pansus tersebut diberi dua tugas pokok, diantaranya melakukan kajian dan pembahasan terkait perubahan status dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Delta Tirta.

Kedua yaitu, tentang Rancangan peraturan daerah (Raperda) penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Sidoarjo.

Choirul Hidayat Ketua Pansus Perubahan nama dan penyertaan modal mengatakan bahwa sudah mendengar penjelasan dari OPD terkait dan juga dari tenaga ahli, termasuk pada rekomendasi terkait perubahan nama tersebut.

“Untuk saat ini, kita fokuskan untuk perubahan nama PDAM Delta Tirta menjadi Perumda, karena ini juga sesuai dengan PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),” Kata Choirul Hidayat saat dikonfirmasi sidoarjoterkini.com, Rabu 14 Oktober 2020.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan itu menambahkan, dengan perubahan status dari PD menjadi Perumda diharapkan dapat meningkatkan pelayanan, dan dapat membuka jenis usaha lainnya yang sejalan.

“Dengan begitu, selain dapat menambah PAD Sidoarjo, dapat juga meningkatkan layanan yang lebih baik,” ucap Dayat panggilannya.

Disisi lain, terkait Raperda Penyertaan Modal masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh OPD terkait. Hal itu disesuaikan dengan masukan dari tim ahli perekonomian yang juga telah sempat dihadirkan dalam pembahasan awal pansus.

“Salah satu yang harus dipaparkan oleh OPD ialah kajian investasi bussines plan 5 tahunan, kami harus tahu detailnya itu seperti apa, harus rijid. Karena itu jadi dimungkinkan yang akan diselesaikan pertama ialah yang perubahan nama dulu,” pungkasnya. (pung/cles).