Bawaslu Jatim Gandeng IKA Umaha Awasi Politik Uang di Pilkada 2020

Oktober 14, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Upaya penguatan partisipasi dan pengawasan kampanye terus dilakukan Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan menggandeng 6 lembaga atau organisasi kemasyarakatan yang ada di Jawa Timur. Salah satunya Ikatan Alumni Universitas Ma’arif Hasyim Latif Sidoarjo (IKA UMAHA).

Maulana Hasun Ketua IKA UMAHA menyampaikan kerjasama dalam bidang partisipasi dan pengawasan dengan Bawaslu Jatim ini guna memberikan pendidikan politik untuk ikut serta menyukseskan proses pesta demokrasi ini.

“Alumni dari kampus Umaha ini tersebar di 19 Kabupaten/kota di Jatim, untuk kerjasama ini penting untuk bersama-sama menyukseskan pilkada yang aman, jujur dan adil,” Katanya kepada sidoarjoterkini.com, di Hotel Aston Sidoarjo, Rabu 14 Oktober 2020.

Hasun menjelaskan, Salah satu poin krusial dalam kerjasama ini tentang Pendidikan demokrasi, yang sasaran utamanya organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan.

“Diantaranya melalui sekolah kader pengawasan partisipatif
(SKPP), pelatihan teknis bagi relawan-relawan yang ingin melakukan pemantauan Pilkada,” ucapnya

Selanjutnya, Sosialisasi terkait isu antis politik uang (money politic) juga menjadi salah satu prioritas untuk disampaikan ke publik, termasuk Netralistas ASN.

“Kami juga akan mengawasi setiap aktivitas kampanye harus sesuai dengan standar protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya. (Pung/cles)