Dr. Hudiyono, Pj Bupati Sidoarjo Yang Giat Bersihkan Taman

Oktober 9, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Sejak dilantik, Dr. Hudiyono, M. Si Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sidoarjo giat melakukan blusukan ke taman maupun fasilitas umum di Kota Delta.

Pada beberapa hari sebelumnya, Hudiyono meninjau Taman Abhirama, GOR Sidoarjo, Alun-alun Jayandaru dan saat ini, ia bersama dengan Dinas terkait dan camat sidoarjo melakukan bersih-bersih sepanjang jalan di taman makam pahlawan, sidoarjo.

“Membersihkan diri dan lingkungan sekitar kita itu bagian dari iman, Sidoarjo penataan kotanya sudah bagus, hanya saja perawatannya yang masih perlu dimaksimalkan lagi,” Kata Dr. Hudiyono Pj. Bupati Sidoarjo saat giat acara bersih-bersih di Sepanjang jalan Taman Makam Pahlawan Sidoarjo, Jumat, 9 Oktober 2020.

Apalagi, pada masa pandemi covid-19, harus lebih sering menjaga kebersihan. Ia melihat Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Delta sudah bagus, tapi untuk lebih cantik dan bersih diperlukan perawatan. “Kalau tidak, nilai manfaatnya akan berkurang”ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial Setdaprov Jatim itu, sudah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Para Camat, ketika ada waktu luang untuk dimanfaatkan membersihkan taman dan lingkungan.

“Karena membersihkan lingkungan itu bagian dari shodaqoh kerja, yang saya lakukan hari ini merupakan contoh agar dapat ditiru, jajaran OPD dan Masyarakat Sidoarjo,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sigit Setyawan mengatakan, saat ini ada sekitar 245 tenaga kebersihan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tersebat dari Kecamatan Tarik sampai Sedati.

Memang, jika dibandingkan dengan banyaj RTH yang dimiliki Sidoarjo, jumlah tersebut masih jauh dari kata memadai.

“Di alun-alun saja, saat ini ada 19 personil. Tapi setelah lakukan kajian, ternyata idealnya 42 orang,” jelasnya.

Sigit menjelaskan, saat ini memang lebih konsentrasi di daerah kota, sebab ada keterbatasan personil. Termasuk dukungan anggaran yang lebih banyak untuk pembangunan. Tapi, secara bertahap, dukungan anggaran untuk perawatan akan lebih ditingkatkan.

“Tapi untuk menuju taman-taman sidoarjo bagus seperti Surabaya memang dibutuhkan dukungan dari semua pihak, tidak bisa hanya dilakukan dari dinas Saja,” Pungkasnya.( st-12/cles)