Demo Mahasiswa Tolak Omnibus Law Depan Kantor DPRD Sidoarjo Ricuh

Oktober 8, 2020

(SIDOARJOterkini) – Aksi unjuk rasa dari Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di Gedung DPRD Sidoarjo berujung ricuh.

Hal ini disebabkan rekannya yang sedang audiensi dengan Anggota DPRD Sidoarjo tidak kunjung selesai.

Massa mulai berdiri dan meminta kawan mereka segera keluar dari audiensi di dalam gedung tersebut. Hitung mundur yang dikomandoi orator dari mobil komando membuat massa aksi perlahan mulai merangsek masuk ke depan pagar gedung dewan.

Massa aksi mulai saling dorong mendorong dengan aparat kepolisian. Pagar gedung dewan yang menjadi pembatas akhirnya roboh akibat dorongan massa aksi.

Chaos antara mahasiswa dan aparat pun tak terhindarkan. Beberapa mahasiswa ada yang terjatuh akibat saling dorong. Beberapa mahasiswa pun diamankan aparat kepolisian karena diduga sebagai provokator dalam aksi saling dorong tersebut.

Lempar batu dan botol air mineralpun terjadi. Mahasiswa yang berada di garis terdepan terpaksa harus menerima pukulan dari aparat keamanan.

Barisan mahasiswa dipukul mundur oleh aparat keamanan karena dianggap menggangu kondusifitas aksi yang sedang berlangsung.

Beberapa mahasiswa terpaksa berlarian lebelakang untuk menghindari aparat keamanan.

Orator dari mobil komando segera meminta massa aksi untuk kembali menjaga kondusifitas aksi demonstrasi. Massa aksi kembali kondusif setelah ada beberapa perwakilannya yang melakukan dialog dengan aparat agar kembali menjaga kondusifitas aksi (pung/cles)