Pemkab Sidoarjo Siapkan Program Subsidi Bunga Untuk Pedagang Pasar dan Penjual Pentol

Oktober 3, 2020

 

Achmad Zaini (kiri) Sekda Sidoarjo bersama Dr. Hudiyono Pj. Bupati Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 sudah di gedok. Fokus utamanya tetap, penangangan covid dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Nah, sekarang ada program baru dari Pemda Sidoarjo. Yaitu subsidi bunga bagi usaha mikro dan kecil melalui Bank BPR Delta Artha Sidoarjo.

“Subsidi bunga bagi usaha mikro dan kecil ini dapat dimanfaat oleh pedagang pasar, penjualan pentol dan lain sebagainya,” Kata Achmat Zaini Sekda Kabupaten Sidoarjo saat dikonfirmasi, Sabtu 03 Oktober 2020.

Zaini menjelaskan bahwa masyarakat nanti masyarakat hanya berkewajiban membayar bunga kredit sekitar 3 persen. Ia mencontohkan, Kalau bunganya 10 Persen, maka akan di subsidi 7 persen.

“Jadi masyarakat hanya membayar 3 persennya saja. Anggaran subsidi bunganya sampai Desember Rp. 250 juta, kalau mengenai persyaratanya langsung saja ke BPR Delta Artha” ungkapnya.

Selain itu, Dalam P-APBD 2020 juga mengalokasikan anggaran untuk sarana infrastruktur seperti jalan rusak, tapi memang anggaranya tidak terlalu besar. Karena harus menyesuaikan dengan masa kerjanya.

“Jalan rusak itu alokasinya untuk pemeliharaan jalan. Jika untuk pembangunan sulit karena hanya tinggal berapa bulan,”jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan H. Usman, Ketua DPRD Sidoarjo, bahwa setelah melewati proses pembahasan yang cukup panjang, PAK 2020 lebih diutamakan untuk Covid-19.

Tapi, pos strategis program yang mendesak juga sudah disiapkan anggarannya, terutama dalam penangangan banjir, karena sebentar lagi akan memasuki pada musim penghujan.

“Sebenarnya setiap pos itu ada anggaran tersendiri, tapi tidak sebesar tahun sebelumnya,” pungkas Politisi PKB itu.(pung/cles)