Balai Desa Kebakalan Porong Rusak Parah

September 30, 2020

Kondisi Balai desa Kebakalan Porong yang sangat memprihatinkan

(SIDOARJOterkini) –  Anggota komisi A mendapati kondisi sangat memprihatinkan Balai desa Kebakalan Porong saat melakukan sidak.

Bangunan yang cukup tua dan tidak ada renovasi membuat kondisinya hampir sekitar 50 persen bangunannya rusak.

Tarkit Erdianto Anggota Komisi A DPRD Sidoarjo, seharusnya renovasi tersebut diakomodir oleh Pemkab Sidoarjo. Sebab saat ini pengalokasian Dana Desa (DD) tidak diperbolehkan untuk mengcover renovasi tersebut.

Dalam Permendes Nomor 21/2015 tentang prioritas penggunaan dana desa dijelaskan, prioritas utama dalam pengalokasian DD hanya ada dua jenis. Pertama ialah terkait infrastruktur desa, lalu yang kedua ialah untuk pemberdayaan.

“Sejak 2015-2016 itu kan dana desa sudah gak boleh bangun. Seharusnya pembangunannya dicover Pemkab kan begitu,” kata Tarkit, Rabu 30 September 2020.

Kerusakan di Balai Desa tersebut menurutnya terbilang cukup parah. Sebab sudah hampir sekitar 50 persen kondisi bangunan yang rusak. Posisi bangunan yang paling parah terletak di bagian belakang kantor desa.

“Pas sidak itu kami juga mengajak Pak Camat dan Sekcamnya juga. Biar mereka tahu bahwa di Sidoarjo masih ada balai atau kantor desa yang kondisinya memprihatinkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, legislator dari fraksi PDI Perjuangan tersebut mengatakan, pihak kecamatan telah diminta untuk mengakomodir pemerintah desa setempat agar menyiapkan perencanaan renovasi tersebut.

“Nanti biar mereka bersurat ke Pemkab yang tembusannya ke Komisi A. Anggota kami yang di Banggar pun juga nanti akan menyampaikan temuan ini, biar menjadi perhatian pihak eksekutif,” pungkasnya. (cles)