Anggota BPD Wadul Dewan Terkait Bintek

September 29, 2020

(SIDOARJOterkini) – Forum Badan Pengawas Desa (BPD) Kabupaten Sidoarjo datangi kantor FapRD Sidoarjo untuk menyampaikan keluhannya kepada segenap jajaran Komisi A DPRD Sidoarjo.28 September 2020.

Sigit Setiawan Ketua Forum BPD Sidoarjo, mengatakan, pihaknya datang beserta anggota BPD se Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas anggota BPD harus melalui bimbingan teknis yang seharusnya bisa rutin diadakan.

“kita akan kebingungan apabila disodori APBDes, karena sebagian besar anggota BPD adalah baru ,” katanya usai pertemuan, Senin (28/9).

Dia menginginkan ada perhatian khusus terkait hal tersebut dari Komisi A. Terlebih, menurutnya, dalam megawal program Nawacita, BPD merupakan salah satu ujung tombak yang berperan penting dalam hal tersebut.

“Nawacita itu, titik mulainya dimulai dari desa. BPD banyak berperan disitu. Sehingga kualitas keanggotaan perlu didorong melalui bimtek,” ujarnya.

Selain hal tersebut, Sigit juga menyoalkan perihal adanya potensi dualisme organisasi yang juga bergerak dalam bidang pengawasan desa. Saat ini, sudah ada organisasi sejenis tersebut yang juga telah berdiri di Sidoarjo yaitu Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas).

“Sebenarnya kami berteman baik dengan mereka. Kami kenal dengan mereka. Cuma kami ingin ada pengkajian ulang mengenai aturan secara kelembagaan,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi A DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan keberadaan dari BPD di Sidoarjo sangat berdampak positif. BPD bukanlah organisasi yang sifatnya untuk memusuhi Pemerintah Desa, melainkan untuk memberikan masukan-masukan positif.

“Informasi yang diberikan BPD kepada Pemdes itu sangat akurat karena memang disitu tupoksinya. Oleh karena itu kami akan coba kawal, akan kami fasilitasi dan kami bicarakan ke eksekutif perihal bimtek tersebut,” katanya.

Ditambahkan sullamul Hadi, BPD sendiri sudah lama berdiri di Sidoarjo. Dalam bertugas, BPD dikatakan sangat kompak dalam melakukan pengawasan.

“Jadi sudah cukup banyak peranan pengabdian mereka dalam membangun pemerintahan di tingkat desa agar lebih baik lagi. Intinya peranan mereka untuk menciptakan stabilitas pemerintahan ini sudah sangat baik,” pungkas legislator dari fraksi PKB tersebut. (cles)