Penumpang Air Asia Selundupkan 3 Kg Sabu Dari Malaysia Diringkus Bea Cukai Juanda

September 25, 2020

Tersangka Budi Hartono beserta barang bukti

(SIDOARJOterkini) – Bea Cukai Juanda telah mengamankan seorang penumpang pesawat Air Asia rute Kuala lumpur – Surabaya di Bandara Juanda Sidoarjo saat berupaya menyelundupkan Narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia.

Diketahui penumpang tersebut bernama Budi Hartono (39) warga Kabupaten Probolinggo Jawa Timur yang telah kedapatan oleh petugas keamanan Bandara Juanda membawa sabu seberat 3 Kg lebih.

Kepala Bea dan Cukai Juanda Surabaya Budi Harjanto menyatakan, pelaku diamankan petugas Bandara saat turun dari pesawat Air Asia Surabaya Kuala Lumpur.

“Petugas menemukan sabu-sabu yang dimasukan dalam 29 stop contact,”ungkapnya, saat konfrensi pers di Kantor Bea Cukai Juanda, Jumat 25 September 2020.

Dijelaskan Budi, Saat melewati pintu X ray barang bawaan milik pelaku terdeteksi ada barang asing berupa serbuk putih dalam sebuah peralatan listrik.

“Saat itulah pelaku beserta barang bawaan diamankan petugas,”ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas, pelaku mengakui kalau barang haram tersebut diperoleh dari temannya di Malaysia yang bernama Marsui untuk diberikan kepada Heri di Surabaya.

“Pelaku mendapatkan imbalan sebesar Rp 30 Juta dari tugasnya membawa sabu dari Malaysia ke Surabaya tersebut,”ucapnya.

Namun, belum sempat menyampaikan barang haram tersebut kepada Heri, pelaku tertangkap petugas bandara lebih dulu.

“Hingga kini masih dilakukan pengejaran terhadap Heri yang diduga masih di Jawa Timur,”tegasnya.(cles)