Tanaman Hias, Hobi Yang Menghasilkan Banyak Uang

September 20, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – “Memelihara tanaman hias bukan hanya hobi, Tapi juga dapat menghasilkan uang”

Kata itu yang disampaikan Evri Agustiawan, salah satu pemilik usaha tanaman hias asal Kecamatan Sukodono saat mengikuti pameran di Lippo Plaza Sidoarjo, Minggu, 20 September 2020.

Memang semasa pandemi covid-19, banyak jenis usaha yang hancur, namun berbeda dengan pemilik usaha tanaman hias. Yang justru omzetnya semakin besar.

“Selama pandemi ini, kami memasarkan tanaman hias secara online, dan harganya sangat fantastis,” ucap Evri

Jika sebelumnya, harga tanaman hias dengan daun yang berakter hanya Rp. 100 ribu, namun setelah pandemi harganya sangat melonjak tinggi bisa mencapai Rp. 1,2 Juta.

“Karena kami juga melayani ekspor ke luar negeri melalui komunitas tanaman yang ada di malang. Bahkan seringkali sampai kehabisan stok,” ucapnya.

Lain lagi dengan Riki Andrianto, salah satu peserta pameran mengungkapkan jika dirinya dalam sehari pameran bisa menjual 12 pot tanaman. Tentunya dengan berbagai jenis tanaman yang dibawanya.

“Lumanyan, pendapatan di pameran ini saja bisa mengantongi Rp 3 juta,” jelasnya dengan penuh semangat.

Senada dengan itu, Amel peserta pameran yang menjual berbagai jenis ukuran kaktus juga mengaku untung besar dalam pameran yang dimulai sejak Jumat (18/9) kemarin itu.

Di pusat perbelanjaan itu ia membawa 150 pot kaktus. Dalam sehari bisa laku 40 pot kaktus berbagai ukuran.

“Pembelinya juga beragam, kalau anak muda cenderung cari pot kecil. Paling di taruh meja belajar,” katanya.

Berkah tanaman hias ternyata juga menularkan untung kepada Lippo Plaza Sidoarjo. Berkat pameran yang digelar 3 hari itu mempu mendongkrak pengunjung mall. Selain membeli tanaman, tidak sedikit pengunjung yang juga mampir ke sejumlah tenant yang ada di dalam mall (pung/cles).