Ketua Komisi A Maju Pilkada, Berikut Mekanisme Pergantian Pimpinan Komisi

September 9, 2020

 

H Usman Ketua DPRD Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – H. Subandi SH Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo dipastikan maju sebagai calon wakil bupati sidoarjo.

Maka sesuai dengan aturan, jika seorang anggota dewan maju dalam kontestasi pilkada, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Menanggapi hal tersebut, H. Usman Ketua DPRD Sidoarjo menjelaskan, pemilihan ketua komisi dipilih dan oleh anggota komisi.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 12 tahun 2018 dengan ditindak lanjuti Tata tertib (tatib) DPRD Sidoarjo No 1 Tahun 2019.

“Penentuan pimpinan komisi itu, dipilih dari dan oleh anggota komisi, tapi setelah (PAW) sudah resmi dilantik,” Kata H. Usman saat dikonfirmasi dikantor DPRD Sidoarjo, Rabu 9 Desember 2020.

Usman menerangkan, jika dilihat dari pembentukan Alat Kelangkapan Dewan (AKD) kemarin, maka sudah jelas, Jabatan Ketua Komisi A dijabat anggota Fraksi PKB.

Pihaknya juga meyakini dalam penunjukan ketua komisi tidak akan rebutan, karena semuanya melalui musyawarah.

“Sesuai dengan musyawarah AKD. Ketua Komisi A dari Fraksi PKB, tinggal nanti siapa yang akan dipilih,” ungkapnya.

Anggota Fraksi PKB yang saat ini ditugaskan di Komisi A ialah Sullamul Hadi Nurmawan (Mas Wawan), H. Pujiono dan PAW dari Subandi.

Selanjutnya, Usman menegaskan, dalam pemilihan nanti, akan dipasrahkan kepada anggota Komisi yang membidangi pemerintah dan Hukum itu.

“Yang penting dari Fraksi PKB, entah nanti mau pake senioritas, misalkan (Mas Wawan, dan Pujiono) dan atau PAW dari Subandi,” Pungkasnya.

H. Subandi sendiri, Maju sebagai calon wakil bupati sidoarjo mendampingi Achmad Muhdlor Ali. Keduanya, diusung dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan didukung oleh Partai NasDem. (Pung/cles).