Cabup Sidoarjo Gus Muhdlor Prioritaskan Program Buka Lapangan Kerja

September 7, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Calon Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyatakan bakal fokus menangani dampak pandemi Covid-19 yang telah memukul berbagai sendi kehidupan masyarakat, mulai kesehatan, sosial, hingga ekonomi.

”Misalnya dari sisi ekonomi, fokus kami adalah membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk rakyat Sidoarjo. UMKM, pertanian, perikanan, jasa, dan industri akan menjadi pilar pemulihan ekonomi untuk membuka lapangan kerja. Intinya, ekonomi kita bangkitkan agar warga mudah cari kerja,” Gus Muhdlor, sapaan akrab Ahmad Muhdlor Ali, Senin 7 September 2020.

Pembukaan lapangan kerja, kata Gus Muhdlor, juga dorong lewat pusat kewirausahaan di seluruh kecamatan, yang akan membantu modal kerja, pelatihan, dan teknologi produksi.

”Kita lahirkan pengusaha baru berkelas dari kampung-kampung, sehingga lapangan kerja semarak di kampung-kampung,” ujarnya.

Dia yakin, Sidoarjo bisa kembali pulih dari dampak pandemi. ”Kami siapkan skema meningkatkan daya beli warga, agar ekonomi kembali bergerak. Dengan PDRB lebih dari Rp 204 triliun, Sidoarjo ke depan harus terus kita jaga agar ekonomi rakyatnya harus kembali pulih,” paparnya.

Adapun dari sisi kesehatan, Gus Muhdlor menjelaskan, pandemi Covid-19 menjadi momentum perbaikan layanan kesehatan yang lebih inklusif alias mudah diakses siapa pun, lebih merata, dan lebih efektif dalam meningkatkan derajat kesehatan warga.

”Kami bikin sistem layanan kesehatan yang mudah diakses siapapun, di dalamnya termasuk ada program homecare, tenaga medis dan tenaga kesehatan datang melayani warga di rumah-rumah,” ujarnya.

Gus Muhdlor juga menyiapkan skema penambahan fasilitas kesehatan agar kualitas layanan semakin merata ke seluruh kawasan di Sidoarjo. Sosok muda itu juga menegaskan pentingnya peningkatan kesejahteraan insan kesehatan. ”Sejalan dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan yang kami siapkan ke depan, tentu penyejahteraan insan kesehatan juga harus dilakukan,” papar alumnus Universitas Airlangga tersebut.

Dia menambahkan, peningkatan kualitas kesehatan bersumber daya masyarakat atau yang biasa, seperti Posyandu dan Polindes juga siap dikebut. ”Kami juga siapkan tambahan nutrisi dan gizi warga hingga ke kampung-kampung,” ujar Gus Muhdlor yang berpasangan dengan Subandi sebagai calon wakil bupati.

Gus Muhdlor sendiri telah mendaftar di KPU pada Minggu (6/9/2020), berpasangan dengan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo dan mantan kepala desa, Subandi, sebagai calon wakil bupati. Mereka diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa.(cles)