BPJS Kesehatan Sidoarjo Antisipasi Penyebaran Covid-19 Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

September 4, 2020

(SIDOARJOterkini) – Di tengah Pandemi Covid-19 BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo melakukan langkah antisipasi pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan. Dalam pelayanan peserta JKN-KIS yang dilakukan di kantor cabang dilakukan secara bergantian.

“Bentuk upaya dari BPJS Kesehatan Sidoarjo Sidoarjo dalam perannya ikut melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 yakni dengan membatasi kapasitas ruang tunggu pelayanan 50 persen, sehingga perlu diatur jumlah peserta yang memasuki area pelayan,”ungkap Sri Mugirahayu Kepala BPJS Kesehatan Xabang Sidoarjo.

Dijelaskan Mugirahayu, BPJS Kesehatan cabang Sidoarjo dalam pelayanannya menerapkan dengan ketat protokol kesehatan. Pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk area pelayanan. Kemudian mewajibkan pengunjung untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan pengunjung lain serta melakukan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh di seluruh area BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo secara berkala.

Untuk Peserta JKN-KIS yang ingin melakukan pengurusan kepesertaan, Sri menganjurkan untuk memanfaatkan layanan secara daring atau online yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Layanan pertama menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Melalui Aplikasi Mobile JKN peserta dapat melakukan perubahan identitas kepesertaan, perubahan fasilitas kesehatan, perubahan kelas kepesertaan, pengecekan status kepesertaan, pengambilan nomer antrian di faskes tingkat pertama, penyampaian pengaduan, dan sebagainya.

“Bahkan peserta juga bisa melakukan layanan konsultasi dengan dokter di faskes tingkat pertama pilihannya melalui chating di Aplikasi Mobile JKN. Jadi peserta tidak perlu datang ke faskes tingkat pertama lagi,” tambahnya.

Peserta JKN-KIS di Kabupaten Sidoarjo juga dapat memanfaatkan layanan Informasi dan dapat diakses oleh peserta di hari senin sampai jumat mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

“Pada intinya baik pelayanan di kantor BPJS Kesehatan maupun secara daring di Mobile JKN, CHIKA Care Center 1500400 atau Whatsapp, kami tetap menerapkan standar pelayanan prima yang sama. Hanya saja sehubungan dengan Pandemi Covid-19 ini kami minta peserta BPJS Kesehatan untuk mengakses pelayanan secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetap dirumah saja dengan mengakses layanan daring BPJS Kesehatan,”tandasnya.(cles)