Pemkab Sidoarjo Belum Revisi SK Bupati Tentang Pelaksaan Pilkades

Agustus 21, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Pada beberapa waktu yang lalu, Komisi A dan Pemkab Sidoarjo melakukan konsultasi dengan mendagri di Jakarta, terkait Pilkades. Hasilnya pilkades akan digelar 20 Desember.

Tapi sampai hari ini, belum ada keputusan resmi dari Pemda. Kapan pilkades akan dilaksanakan.

“Belum ada pembahasan, mas. Tapi, arahan pak asisten rencananya hari selasa akan dirapatkan berasama forkopimda dan tim Gugus Covid-19,” Kata Fredik Suharto kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Sidoarjo, Jumat 21 Agustus 2020.

Menurut dia, dalam rapat nanti, juga akan dibahas terkait tahapan-tahapan pelaksanaan lainnya, termasuk merevisi Surat Keputusan Bupati tentang tentang pilkades.

Fredik menambahkan, kalau pelaksanaan Pilkades dapat dipastikan dilaksanakan pada 20 Desember. Sesuai dengan arahan mendagri. “Ini juga untuk memenuhi perda tentang pilkades Serentak 2 tahunan,” jelas Mantan Camat Waru Itu.

Di Sidoarjo, ada sekitar 174 Desa yang akan melakukan Pilkades Serentak.

Namun Pelaksaannya harus ditunda, setelah Mendagri mengeluarkan surat edaran yang meminta kepala daerah untuk fokus dalam menyukseskan Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember mendatang. (pung/cles)