Terdakwa Kasus Kepemilikan Sabu-Sabu 10 Kg Dituntut 20 Tahun Penjara

Agustus 19, 2020

(SIDOARJOterkini) – Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan atas Terdakwa Dio Anggriawan Soebandi (27), asal Gresik, Jawa Timur pada kasus kepemilikan sabu-sabu seberat 10,8 Kg, digelar di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Rabu 19 Agustus 2020.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sidoarjo Moh Ridwan Dermawan dalam tuntutannya meminta kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan 20 tahun penjara dan denda senilai Rp 5 Miliar subsider 2 tahun penjara.

“Terdakwa terbukti dan sah telah melanggar UU RI Nomer 35 Tahun 2009 tentang Narkotika pasal 114 ayat 2,”ujar Jaksa Ridwan.

Disampaikannya, ada beberapa hal yang memberatkan diantaranya terdakwa tidak mengakui perbuatannya, dan terdakwa merupakan bagian dari jaringan trans-Nasional berskala besar. Meski terdakwa bukan salah satu penggerak dari jaringan internasional.

Sementara, hal yang meringankan terdakwa, diaasih berusia muda dan memiliki tanggungan keluarga.

“Terdakwa tadi sempat mengajukan pembelaan secara tertulis melalui kuasa hukumnya,” jelasnya.

Selanjutnya, sidang pembelaan terdakwa rencananya akan dilanjutkan pada sidang berikutnya.

Seperti diketahui, Dio Anggriawan Soebandi ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim di Terminal II Bandara Internasional Juanda Surabaya, Selasa (2/1) lalu. Sabu-sabu seberat 10,8 Kg yang dibungkus dalam kemasan teh China asal Malaysia berhasil disita Polisi dari tangan terdakwa.(cles)