H -2 Pendaftaran, Semua Baliho Bakal Calon Harus Diturunkan

Agustus 19, 2020

 

Baliho Bakal Calon Kepala Daerah di Bundaran Taman Pinang Indah Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Dua hari sebelum pendaftaran cabup-cawabup, semua bener harus diturunkan. Penurunan baliho ini berlaku untuk semua bakal calon kepala daerah.

“H-2 Pendaftaran, semua baliho sudah harus diturunkan,” Kata Mohamad Rasul Kordiv Pengawasan Bawaslu Sidoarjo, saat ditemui di acara sosialisasi partisipasi pencegahan politik uang, di Hotel Aston Sidaorjo. 19 Agustus 2020.

Memang terkait penertiban Baliho atau alat sosialisasi bakal calon ini menjadi problem tersendiri. Sebab Bawaslu tidak memiliki kewenangan. Sebelum adanya penetapan dari KPU Sidoarjo.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat bawaslu akan mengundang perwakilan dari pemda, termasuk Satpol PP. agar melakukan penertiban.

“Ini bentuk kepedulian kami terhap penegakan perbup nomor 81 Tahun 2017, tentang tata cara penyelenggaraan reklame,” jelas rasul.

Di sisi lain, antisipasi adanya politik uang. mahar politik. Pada saat masa kampanye. Bawaslu sudah mengadakan sosialisasi kepada tokoh masyarakat. Untuk ikut serta mengawasi.

“termasuk uang tranport. Itukan bagian dari kata halus politik uang,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini. Kata rasul. Bawaslu juga menerangkan siapa saja yang biasanya menjadi aktor dalam memperlancar terjadinya politik uang “misalakan dari partai politik atau tokoh masyarakat sendiri,” jelasnya.

Kalau misalkan ada temuan politik uang atau mahar politik, masyarakat dapat melaporkan kepada panwas kecamatan atau ke bawaslu sidoarjo. Kemudian bawaslu akan menindak lanjuti sebagai temuan awal. termasuk temuan dari temuan atau informasi dari pers.

“Sangsinya calon tersebut dapat di diskualifikasi atau sangsi secara pidana,” pungkasnya.(pung/cles)