RSI Siti Hajar Langsung Upacara HUT-RI 75 Dengan APD Merah Putih

Agustus 17, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) Ke 75 tahun memang berbeda dengan perayaan tahun kemarin. Kali ini peringatan HUT RI dirayakan saat pandemi covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia.

Namun, tampak berbeda pada upacara yang diadakan RSI Siti Hajar Sidoarjo.

Bagaimana tidak, semua peserta dan petugas upacara menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, mulai dari Face Shield, Sarung Tangan hingga Baju Hazmat, dengan atasan merah dan celana putih seperti bendera Indonesia.

dr. Hidayatullah Direktur RSI Siti Hajar mengatakan bahwa Upacara dengan APD lengkap ini tidak lepas dari adanya pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia.

Oleh sebab itu, tambahnya ada kesepakatan saat menggelar upacara hari Kemerdekaan, para peserta dan petugas upacaranya akan menggunakan Hazmat dan APD lengkap.

“Baju Hazmat dengan warna merah putih ini sengaja kami pesan, untuk menyamakan dengan warna bendera Indonesia,” Katanya saat ditemui usai upacara di halaman RSI Siti Hajar Sidoarjo, Senin 17 Agustus 2020.

dr. Hidayatullah juga menuturkan bahwa penggunaan baju Hazmat merah putih ini sebenarnya sudah digunakan sejak awal bulan Agustus.

Setelah selesai mengikuti upacara, seluruh tenaga medis tersebut langsung segera kembali menjalankan tugasnya melayani masyarakat dengan tetap menggunakan hazmat merah putih tersebut. Seluruh hazmat yang dipesan diperkirakan bisa digunakan sampai akhir bulan Agustus.

“Alhamdulillah upacara hari ini berjalan khusyuk dan khidmat,” ujar Hidayatullah.

Disisilain, upacara dengan menggunakan hazmat tersebut terasa amat panas. Beberapa petugas termasuk Dirut RSI tersebut mengaku gerah dan keringat bercucuran usai upacara.

Hal itu bisa menjadi gambaran tentang betapa beratnya tugas para tenaga medis yang berada di garda terdepan tersebut. Biasanya, dalam sehari, petugas medis memakai baju tersebut selama 8 jam untuk menangani pasien yang terpapar covid-19 di Sidoarjo (pung/cles).