Ciptakan Sidoarjo Kondusif, 17 Perguruan Silat Deklarasi Damai Jelang Pilkada

Agustus 14, 2020

(SIDOARJOterkini) – Jelang perhelatan Pilkada kabupaten Sidoarjo, sebanyak 17 perguruan silat melakukan deklarasi damai di ballroom Hotel Aston Sidoarjo, Jumat 14 Agustus 2020.

Deklarasi damai jelang Pilkada tersebut dihadiri PLT Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Saifuddin, Kapolresta Kombes Sumardji, dan Komandan Kodim 0816  Letkol M Iswan Nusi. Sementara dari perguruan silat dihadiri sejumlah guru mereka. Seperti dari Persaudaraan Setia Hati Terate, Pagar Nusa, Tapak Suci, IKS, Pencak Organisasi, Perisai Diri, Cakra Sakti, Perisai Sakti, Persaudaraan Rasa Tunggal, Ki Ageng Pandan Alas dan perguruan lainnya.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji dalam sambutannya menyatakan, untuk menciptakan suasana kondusif, Deklarasi damai ini digelar. Hal tersebut sebagai wujud komitmen dari perguruan silat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Pilkada Sidoarjo yang akan digelar Desember mendatang harus berjalan aman damai dan tertib,”ungkap Sumardji.

Selain Pilkada Sidoarjo, tambah Kapolresta, dalam waktu dekat akan ada kegiatan pengesahan murid baru perguruan silat. Diharapkan kegiatan tersebut akan berjalan lancar tanpa ada peristiwa yang merugikan masyarakat. Seperti yang terjadi di Kabupaten Situbondo pada Senin lalu.

“Kita buat Sidoarjo aman dan kondusif disetiap kegiatan apapun,”ucap Sumardji.

Kepada seluruh ketua perguruan silat yang ada di Sidoarjo Kapolresta meminta, untuk selalu mengajak dan mengingatkan murid-muridnya agar selalu ikut serta menjaga kamtibmas. Serta memberikan pemahaman dan pengertian kepada siswanya untuk selalu mentaati aturan yang ada di Sidoarjo.

Kepada semua perguruan silat, Kombes Pol Sumardji juga mengajak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar rantai penyebaran covid-19 segera bisa diputus.

“Peran serta sedulur semua sangat kita harapkan untuk membantu pemerintah dalam penanganan covid-19,”tegasnya.

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Sidoarjo Bahrul Amiq menambahkan, pihaknya akan selalu berusaha mendukung program-program pemerintah. Seperti program penanganan covid-19 hingga upaya menjaga stabilitas keamanan.

“Kami akan selalu mendukung program pemerintah Sidoarjo demi menjaga kondusifitas Sidoarjo,” kata Amiq (pung/cles)