Kanwil DJP Jatim II Gelar Upacara Peringatan Hari Pajak Dengan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Juli 14, 2020

 

Pegawai Kanwil DJPJatim II saat mengikuti upacara Hari Pajak

(SIDOARJOterkini) – Peringatan Hari Pajak tahun ini terasa berbeda karena digelar di tengah pandemi cobid-19.

Segenap pegawai Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II dan KPP Madya Sidoarjo menggelar upacara Peringatan Hari Pajak tahun 2020 di Aula kantor tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Selasa 14 Juli 2020.

Upacara Hari Pajak yang mengusung tema”Bangkit Bersama Pajak dengan Semangat Gotong Royong” tersebut diikuti para pegawai yang melaksanakan Work From Office (WFO) dengan pembina upacara Kepala Kanwil DJP Jatim II Lusiani, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sementara pegawai yang Work From Home (WFH) mengikuti di live Instagram @pajakjatim2.

Kakanwil DJP Jatim II Lusiani saat membacakan Sambutan Direktur Jenderal Pajak

Direktur Jenderal Pajak dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II Lusiani mengatakan, sampai dengan akhir semester I tahun 2020 penerimaan pajak masih mengalami tekanan yang cukup berat akibat pandemi covid-2020.

“Pada Semester I, total penerimaan pajak (non PPh Migas) menunjukkan capaian sebesar Rp513,65 triliun atau sebesar 44,02% dari target penerimaan berdasarkan Perpres 72 Tahun 2020 dengan pertumbuhan -10,53% (non PPh Migas) atau -12,01% (termasuk PPh Migas),”paparnya.

Meski begitu, lanjut Lusiani, DJP masih mampu menahan pertumbungan ekonomi positif di Triwulan I, nyatanya perlemahan usaha dan perlambatan pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II Tahun 2020 ini terjadi cukup dalam sehingga berdampak juga pada penerimaan pajak.

Disampaikan pula, pemerintah telah memberikan berbagai stimulus ekonomi yang diberikan melalui sektor perpajakan yang diharapkan mampu meringankan beban para pelaku ekonomi di saat kondisi yang tidak bersahabat ini.

“Sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat kembali tumbuh positif pada Triwulan III,”tandasnya.

Kanwil DJP Jawa Timur II pada peringatan Hari Pajak 2020 akan menggelar berbagai kegiatan, antara lain Talkshow di TVRI, kegiatan DJP Peduli, Pajak Bertilawah, Upacara Bendera, Pajak Bertutur dan juga Garage Sale. (st-12/cles)