Manfaatkan Transformasi Digital untuk Tingkatkan Layanan Masyarakat

Juni 29, 2020

 

Bacabup Sidoarjo Achmad Amir Aslichin

(SIDOARJOterkini) – Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan secara tepat untuk kepentingan masyarakat. Transformasi digital saat ini diharapkan bisa dinikmati untuk kepentingan pelayanan masyarakat umum, khususnya di Sidoarjo. Sejumlah dinas atau OPD harus bisa bertransformasi secara cepat agar layanan menjadi lebih mudah.

Menurut bakal calon bupati (bacabup) Sidoarjo Achmad Amir Aslichin, memanfaatkan layanan melalui online salah satu cara yang tepat saat ini. Layanan tanpa harus tatap muka secara langsung adalah hal yang sudah harus dilakukan.

“Kemajuan teknologi sistem infomasi dan telekomunikasi sudah sangat mendukung,” kata lulusan The University of Melbourne, Australia itu.

Mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo dua periode ini menegaskan, transformasi digital sudah mesti bisa dilakukan. Mengingat hal ini adalah bagian dari pelayanan prima.

“Inovasi masing-masing OPD harus digenjot agar layanan ke masyarakat menjadi lebih cepat,” ujar bacabup yang karib disapa Mas Iin itu.

Saat ini, pemerintah sudah harus bisa melayani masyarakat tanpa menghadirkan mereka di kantor pelayanan. Fasilitas video call harus bisa dimanfaatkan. Terutama di saat masa transisi new normal yang harus tetap ikut aturan jaga jarak.

Dia mencontohkan, OPD yang intens bersinggungan dengan layanan masyarakat secara langsung harus segera berbenah. Misalnya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu. Meski sudah ada inovasi untuk layanan online tapi juga harus ada pembenahan agar peningkatan layanan secara cepat bisa dilakukan.

“Semakin mudah dan cepat tapi tetap ikuti aturan. Harapannya investasi semakin meningkat,” ujar alumnus Universitas Airlangga itu.

Selain itu layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) juga harus dievaluasi. Layanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat itu juga harus berinovasi dengan teknologi. Sehingga antrean tidak berjubel yang membuat orang tidak nyaman.

Di RSUD, imbuh Mas Iin, antrean untuk periksa di masing-masing poli sudah bisa diakses lewat online. Nah, beberapa inovasi yang lain juga harus dilakukan agar layanan kesehatan semakin prima.

Mas iin berharap, layanan secara online juga bisa menyentuh di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa. Sehingga tingkat kemudahan bisa dirasakan menyeluruh oleh masyarakat.

“Tingkat kemudahan layanan harus ditingkatkan dan itu sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Ketua DPRD Sidoarjo Usman menegaskan, masing-masing OPD memang harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Faktor itu bisa membuat kinerja pegawainya semakin meningkat.

“Jangan hanya berdiam diri. Inovasi teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata politisi PKB itu. (st-12)