KPU Sidoarjo Mulai Salurkan Berkas Verfak Calon Perseorangan, Besok Terjun Lapangan

Juni 29, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo mulai mendistribusikan berkas Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo dari jalur perseorangan kepada Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan verifikasi faktual.

Mukhamad Iskak Ketua KPU Sidoarjo menyampaikan penyerahan berkas ke PPK ini kemudian akan dilanjutkan kepada Pantia Pemungutan Suara (PPS) untuk dilakukan verifikasi faktual kepada pendukung pasangan Agung Sudiyono dan Sugeng Riyadi.

“Hari ini kami serahkan berkas dukungan pasangan calon perseorangan kepada PPK kemudian dilanjutkan kepada PPS untuk dilakukan verifikasi faktual,” Kata Mukhamad Iskak, Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo saat ditemui di Kantornya, Senin 29 Juni 2020

Iskak menambahkan jumlah dukungan pasangan calon perseorangan ini tersebar di seluruh Desa/kelurahan di Kota Delta, namun untuk pelaksanaan verifikasi faktual tidak bisa dilaksanakan hari ini, sebab masih harus menunggu hasil dari rapid tes anggota PPS.

“Insyaallah hasil rapid tesnya keluar hari ini,” katanya.

Bagaimana kalau hasil rapid tesnya reaktif,? Iskak menjelaskan sesuai dengan arahan KPU Provinsi Jawa Timur bahwa mereka akan di isolasi mandiri selama 14 hari, dan selama masa Verfak posisinya akan dibantu oleh staff kesekretariatan PPS yang sebelumnya juga harus di rapid test terlebih dahulu.

“Aturan dalam PKPU memang tidak perlu seperti itu, tapi ini sesuai dengan arahan KPU Propinsi Jatim,” jelasnya.

Sementara Amrizal Zulkarnain Komisioner PPK Kecamatan Wonoayu menyampaikan kesiapannya untuk melakukan verifikasi faktual di wilayah kerjanya.

Menurutnya, PPK Kecamatan Wonoayu nanti malam akan langsung mendistribusikan berkas Bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Sidoarjo dari jalur perseorangan.

“Nanti malam akan kami distribusikan kepada semua PPS, sehingga besok (30/6) langsung terjun lapangan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya berharap hasil dari rapid test anggota PPS di Kecamatan Wonoayu non reaktif demi kelancaran proses verifikasi faktual.

“Saya harap hasil rapid tesnya non reaktif, untuk memudahkan kami menjalankan Verfak,” jelas pria peminat sepakbola itu.(pung/cles)