Telusuri Potensi Desa, Tim Pesona Desa Berkunjung ke Watesari Balongbendo

Juni 21, 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Desa-desa di Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Namun, Menurut Ulul Azmi Direktur Pesona Desa yang juga koordinator Pendamping Desa kabupaten Sidoarjo potensi yang dimiliki desa belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

“Untuk mengetahui potensi desa tersebut, kami tim pesona desa dan beberapa pendamping desa setempat mengunjungi beberapa desa yang ada di kabupaten Sidoarjo,” katanya saat melakukan kunjungan ke Desa Watesari Kecamatan Balongbendo pada beberapa waktu yang lalu. Sabtu 20 Juni 2020.

Pesona desa akan membantu desa dalam menyiapkan teknologi digital melalui video Kreatif sebagai salah satu penunjang pengenalan potensi desa kepada khalayak ramai.

Achmad Amir Aslichin berharap ada dukungan regulasi baik dari pemerintah provinsi Jawa Timur maupun pemerintah kabupaten Sidoarjo untuk mengoptimalkan potensi desa tersebut.

Komisi B DPRD Provinsi Jatim tersebut juga menjelaskan bahwa kementrian desa telah memperioritaskan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2018 dan 2019 untuk pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Dari BUMDesa ini Gus Menteri Desa ingin masyarakat desa dapat mengelola potensi desa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Salah satunya di desa Watesari ini, ada Tanah Mas Desa (TKD) yang dijadikan wahana wisata kebun belimbing dan wahana kolam renang. Inilah salah satu bentuk potensi dari sekian banyak potensi yang dimiliki oleh desa,” kata mas Iin.

Dengan banyaknya potensi desa yang dikelola melalui BUMDesa, masyarakat desa tidak lagi jauh-jauh untuk menemukan wisata baik kesenian, kuliner maupun budaya.

“Apalagi desa di Balongbendo ini sangat lengkap dengan cerita sejarah tentang Majapahit. Sangat berpotensi untuk dijadikan rujukan bagi wisatawan,” pungkasnya. (pung/cles)