SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

19 Komunitas di Sidoarjo Berkolaborasi Gelar Nobar dan Donor Darah

 

(SIDOARJOterkini) – Sebanyak 19 komunitas di Sidoarjo dari anak motor Bold Riders, fans club bola, hingga anak-anak muda karang taruna Hepiii Community berkolaborasi menggelar acara donor darah. Kegiatan mereka juga diikuti dengan nonton bareng (nobar) pertandingan bola Liga Inggris sekaligus kopi darat (kopdar) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Koordinator acara donor darah di Sidoarjo Surya Budi Wijaya mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi komunitas yang tergabung dalam Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) dalam menyambut bulan Sumpah Pemuda. Beragam kegiatan digelar untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

“Untuk donor darah dilakukan selama tiga hari, di UTD PMI Sidoarjo serta Dusun semampir Desa Sidorejo. Kegiatan diawali 8 komunitas Super Soccer pada 16 Oktober, disusul donor 6 komunitas Bold Riders pada 23 Oktober, dan ditutup 4 komunitas Heppiii Community pada 24 Oktober,” jelas Surya Budi Wijaya pada Rabu (27/10).

BACA JUGA :  Ning Sasha Kunjungi UMKM di Kawasan Kecamatan Gedangan

Kegiatan donor darah kata dia dijadikan ajang silaturahmi bagi komunitas. Seperti komunitas fans club melakukan nobar usai kegiatan. Bold Riders melakukan kopdar usai acara. Sementara Heppiii Community meramaikan acara sambil karaokean di lokasi donor.

“Jumlah komunitas tahun ini bertambah dari 11 menjadi 19 komunitas. Antusiasme komunitas ini karena keinginan untuk memberi manfaat sambil membuktikan bahwa komunitas, khususnya komunitas motor yang selama ini dipersepsikan negatif, juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan positif di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu kata dia PMI semakin menyambut positif kegiatan ini karena mengetahui kegiatan dilakukan rutin setiap tahun oleh berbagai komunitas KITA. Tahun ini ada 19 komunitas yang ikut kegiatan. Bold Riders diwakili 6 komunitas, yakni CBR Riders, CBR Club Indonesia, Yamaha Vixion Club Indonesia, Komunitas CBR Indonesia, Honda PCX Community Indonesia, NMAX Riders Super Soccer diwakili 8 komunitas, yakni Milanisti Sezione, Indo Barca, Roma Club Indonesia, Arsenal Indonesia Supporter, Kopites, Inter Club Indonesia, United Indonesia, Juventus Club Indonesia.

BACA JUGA :  Kejurkab Pencak Silat Remaja Piala Bupati dan Kapolresta Sidoarjo Usai, PSHT Raih Juara Umum 

Super Music diwakili 1 komunitas Slank Fans Club, serta Heppiii Community diwakili 4 komunitas, yakni Pemuda Pemudi Gisik Cemandi, Pemuda Pemudi Gamping, Pemuda Pemudi Seketi, dan Semampir of Community. Total kantong darah yang terkumpul ada 109 kantong dari 135 peserta yang mendaftar jadi pendonor.

Program donor darah bertema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi kita didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

BACA JUGA :  Bantu Persalinan Warga Binaan, Petugas Rutan Gresik Gantikan Peran Ayah

Kegiatan Donor Darah #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Untuk kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda 2021 ini melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur. (St-12/cles)