SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Kepergok Curi Uang Tetangga, Pengangguran Nyaris Dimassa

(SIDOARJOterkini) Johan (35) warga Dusun Kendal Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo nyaris menjadi bulan-bulanan warga yang tidak lain adalah para tetangganya sendiri, setelah kedapatan mencuri uang di rumah Hariyono tetangganya. Jumat (1/6/2018) pukul 22.00 WIB. disaat pemilik rumah tengah melaksanakan sholat Tarawih.
Kejadian ini terkuak setelah pelaku yang seorang pengangguran ini  akan masuk rumah korban melalui lubang ventilasi samping rumah, meski sudah sempat menjebol sarangan kawat pada lubang namun lubangnya tidak muat dilewati tubuhnya. Pelakupun kemudian masuk melalui dapur dengan mencongkel pintu dengan menggunakan pisau dapur. Pelaku langsung masuk kedalam toko korban dan membuka kotak uang. Namun naas anak korban yang saat itu sedang dirumah memergokinya dan berteriak, pelakupun langsung lari terbirit-birit.
Disampaikan salah satu warga yang enggan disebut namanya , Anak korban yang sempat mengenali pelaku bercerita ke ayahnya. Akhirnya bersama dengan ketua RW korban mendatangi pelaku dan mengajaknya ke rumah korban.
“Saat pelaku berhasil diajak ke rumah korban, ternyata warga sudah menunggu pelaku ini,”ungkapnya.
Masih warga, beberapa kali  ditanya pelaku ini selalu menyangkal terus tuduhan pencurian ini. Wargapun menjadi geram, beruntung ada petugas Polsek Balongbendo  yang langsung mengamankan pelaku saat amarah warga sudah mulai  tidak terkendali.
“Saat itu karena pelaku berbelit-belit , wargapun mulai jengkel dan marah, beruntung dia diselamatkan dari amukan massa oleh anggota,”tegasnya.
Disampaikan Kanit Reskrim Polsek Balongbendo AKP Kinarto, saat dilakukan pemeriksaan  di Mapolsek pelaku mengakui kalau dirinya melakukan pencurian di toko Hariyono melalui dapur dengan mencongkel pintu.
“Pelaku mengaku kalau uang hasil curian disembunyikan di lipatan baju dalam lemari dirumahnya ,”jelas Kinarto.
Bersama dengan yang anggota yang lain akhirnya Kanit Reskrim menuju rumah pelaku mencari barang bukti berupa uang yang disembunyikan.
“Berhasil ditemukan barang bukti berupa uang senilai Rp 1.070.000 di lipatan baju,”ungkapnya.
Atas perbuatannya Bapak dengan satu anak ini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan akan berlebaran di tahanan. (cles)