Alfamart Rekrut 419 Karyawan Difabel Pada Peringatan Hari Disabel Internasional

Desember 3, 2019

 

(SIDOARJOterkini) – Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) Alfamart Cabang Sidoarjo memberikan apresiasi kepada karyawan penyandang disabilitas yang bekerja di cabang tersebut.

Branch Manager Alfamart Cabang Sidoarjo, Andon Swasono Putro, mengatakan, saat ini dari total 4.721 orang karyawan Alfamart Cabang Sidoarjo ada 20 orang penyandang disabilitas.

“Jumlah ini sekitar 0,4 persen. Kalau secara nasional, dari 120.000 karyawan, kami sudah mempekerjakan 419 orang disabilitas atau 0,35 persennya,” jelas Andon di sela Talk Show Alfamart Inklusi Disabilitas Unggul, Selasa 3 November 2019.

Alfamart Cabang Sidoarjo sendiri mengcover wilayah Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Madura, dan NTT.

“Penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Targetnya 1 persen dari total karyawan, ini mengacu pada UU 8/2016 Pasal 53. Untuk itu kami selalu terbuka bagi pelamar disabilitas,” yakinnya.

Dalam peringatan HDI tadi, pihak manajemen juga menyematkan pin simbolis kepada penyandang disabilitas yang diwakili M Zamroni (tuna daksa), Mohammad Firdaus Ilham (tuna daksa), dan Saputri Nugrahaning Gusti (tuna rungu).

Hadir pula kedua orangtua Saputri yang memaparkan suka duka anaknya sebelum bergabung dengan Alfamart. “Anak saya pernah kerja di tempat sebelumnya tapi sudah tidak diperpanjang, mungkin karena keterbatasannya lama-lama dianggap menghambat pekerjaan. Dan meski tuna rungu, anak kami dia juga punya keahlian sebagai Make up Artist (MUA) keliling,” ujar sang ayah sambil menyeka air mata.

Mohammaf Firdaus Ilham, mengaku awalnya minder bergabung di Alfamart. “Tapi akhirnya saya dapat teman-teman baik yang bisa memahami dan menerima keadaan saya. Saya bangga bisa bergabung dengan Alfamart,” akunya.

Sejak tiga tahun silam, para penyandang disabilitas di Alfamart, khususnya yang bekerja di toko maupun warehouse mengenakan pin khusus bertanda disabilitas pada saat bekerja.(st-12/cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *