BKT Diserbu Ribuan Pencari Kerja, Disnaker Launching Aplikasi Gawe Online

November 27, 2019

(SIDOARJOterkini) – Pencari kerja tak mau menyia-nyiakan kesempatan Bursa Kerja Terbuka (BKT) yang digelar Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo, Rabu (27/11/2019). Mereka menyerbu stan-stan yang disediakan untuk perusahaan penyedia lowongan kerja.

BKT kali ini bisa dikatakan lokasinya lebih nyaman dari kegiatan serupa sebelumnya. Pasalnya digelar di ruangan ber AC MPP. Sebelumnya BKT digelar di GOR Delta Sidoarjo.

Ada sebanyak 66 perusahaan yang membuka lowongan kerja di acara BKT. Ribuan pekerja memenuhi stan perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Sedangkan lowongan pekerjaan yang disediakan sebanyak 1222 formasi. Diharapkan lowongan kerja itu bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Sidoarjo.

Selain BKT, Disnaker Sidoarjo juga melaunching GAWE Online yang merupakan aplikasi pencari kerja Sidoarjo. Pencari kerja bisa mencari kerja lewat aplikasi tersebut.

Disnaker Sidoarjo bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja. Melalui aplikasi Gawe Online ini pencari kerja bisa melamar pekerjaan sesuai keahliannya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, mengatakan dengan BKT ini diharapkan bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Sidoarjo. “BKT harus dimanfaatkan oleh warga Sidoarjo,” pintanya.

Saiful Ilah menambahkan, pencari kerja tidak hanya bisa mencari kerja pada momen BKT saja. Setiap saat bisa mencari lowongan kerja sesuai keahliannya dengan cukup membuka aplikasi Gawe Online.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sidoarjo dua periode itu mengapresiasi perusahaan yang ikut membuka lowongan kerja di BKT. “BKD merupakan agenda tahunan dan harus dilanjutkan,” tandasnya.

Kepala Disnaker Sidoarjo Doktor dr Hj Fenny Apridawaty MaRS, mengakui
ada penurunan peluang kerja di BKT kali ini. Jika di BKT yang digelar Juli lalu ada sekitar 1400 lowongan kerja kini menurun jadi 1222 ribu lowongan pekerjaan.

Kendati demikian, Fenny masih optimis dengan BKT yang digelar sehari ini bisa menyerap tenaga kerja terutama dari Sidoarjo. “Tahun depan kita akan menggelar bursa kerja khusus dengan menggandeng lulusan SMK,” ucapnya.

Program BKT menurut mantan Kadisperindag Sidoarjo ini cukup banyak peminatnya. Terbukti kali ini peminatnya diatas 5000 pencari kerja.

Sayangnya tahun depan hanya dialokasikan anggaran untuk sekali BKT. “Tiap tahun kita gelar dua kali BKT, tahun depan hanya sekali. Karena itu kami berharap bisa ditambah di Perubahan APBD 2020,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, ada sejumlah perusahaan ternama yang ikut bursa kerja. Baik dari bidang perbankan, ritel, sipil dan lainnya. “Tempatnya sudah layak karena digelar di indoor. Pelamarnya juga cukup banyak,” ujar Novan dari PT Sekawan Lama/ PT Ace Hardware.

Novan mengaku pihaknya membuka lowongan kerja cukup banyak di delapan posisi. Sampai pukul 11.00 WIB sudah ada 98 pelamar.

Demikian pula lowongan kerja yang dibuka PT Alfaria Trijaya Tbk/Alfamart membutuhkan sebanyak 40 karyawan. “Sampai siang ini sudah ada 88 pelamar,” ujar salah satu perwakilan PT Alfaria Trijaya Tbk.

Putri, pencari kerja asal Porong mengaku sudah dua kali mengikuti BKT yang digelar Disnaker Sidoarjo. “Kali ini tempatnya lebih baik tidak berdesak-desakan,” ujarnya.

Putri mengaku jika ia melamar pekerjaan di salah satu perusahaan yang ikut BKT. Kendati demikian, dia juga membuka aplikasi Gawe Online untuk melihat lowongan pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan.

Harapannya kedepan BKT tetap digelar untuk memberi kesempatan kepada pencari kerja. “Kalau dibuka tiap tahun bisa membuka kesempatan kita untuk mencari kerja,” pungkas gadis berjilbab itu. (cles/st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *