PT Sinar Indochem Sidoarjo Lakukan Ekspor Perdana 200 Ton Produk Pakan Ternaknya ke Timor Leste

September 30, 2019

(SIDOARJOterkini – Dalam sebulan terakhir pabrik pakan ternak yang berada di Kabupaten Sidoarjo berhasil menembus pasaran luar negeri.Terhitung telah tiga perusahaan pakan ternak Sidoarjo yang berhasil mengekspor produknya ke Timor Leste. Tentu hal ini akan bisa menambah devisa negara dari sektor perdagangan.

PT Sinar Indochem perusahaan pakan ternak yang berlokasi di Desa Balongbendo Kecamatan Balongbendo Sidoarjo hari ini melakukan ekspor perdananya ke Timor Leste yang pelepasannya dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, Senin 30 September 2019.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian ( BBKP) Surabaya Musyaffak Fauzi mengatakan, berdasarkan hasil analisis impor, selain produk perunggasan, Indonesia juga memenuhi syarat untuk mengirim produk dairy (persusuan), pakan ternak, aquaculture yang berkualitas dan memenuhi standar internasional ke Timor Leste.

“Peluang tersebut berhasil ditangkap oleh pelaku usaha peternakan Jatim, menurut data dari Karantina Pertanian Surabaya menunjukkan bahwa eksportasi pakan ternak pada September 2019 mengalami peningkatan 300%” ungkap Musyaffak.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku sangat senang atas perkembangan beberapa perusahaan peternakan yang berlokasi di Sidoarjo yang mampu menembus pasar ekspor di Timor Leste dalam sebulan terakhir ini.

“Sudah ada tiga perusahaan pakan ternak di Sidoarjo yang produknya berhasil menembus pasaran di Timor Leste. Semoga keberhasilan PT Sinar Indochem dan beberapa perusahaan sebelumnya mampu memotivasi dan mendorong pelaku usaha lainnya melakukan hal yang sama bahkan lebih. Karena masih banyak negara-negar alain, tidak hanya Timor Leste yang membutuhkan komoditas pertanian kita,” ujar Saiful Ilah.

Sementara itu Direktur Utama PT Sinar Indochem Haryono Tan mengatakan, ekspor pakan ternak PT Sinar Indochem ke Timur Leste sebanyak 200 Ton senilai Rp 1,1 Miliar.

“Tentu kami sangat bangga bisa meramaikan eksportasi produk pakan ternak ke Timor Leste,”ungkapnya.

Disampaikan Haryono Tan, Ekspor perdana ini dapat terwujud berkat kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak yangbtelah memfasilitasi berbagai persyaratan ekspor ini.

“Semoga produk yang kita ekspor ini bisa sampai dengan selamat tanpa ada komplain,”tandasnya. (cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *