Kapolresta Canangkan Kampung Tertib Lalu lintas Pertama di Sidoarjo

September 20, 2019

(SIDOARJOterkini) – Pemandangan yang terlihat berbeda akan ditemui ketika memasuki kawasan lingkungan RT 20 RW 05 Desa Kemiri kecamatan Sidoarjo yang hari ini dicanangkan sebagai Kampung Tertib Lalu lintas.

Berbagai himbauan kepada warga untuk selalu tertib berlalu lintas banyak terpasang di tempat- tempat strategis ditambah lagi rambu lalu lintas juga banyak terpasang di jalan lingkungan. Ruang terbuka yang memanfaatkan Fasum perumahan disulap menjadi tempat latihan uji praktek SIM, pojok baca lalu lintas, dan Taman Lalu lintas.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menyatakan, berawal dari keprihatinan atas tingginya angka kecelakaan lalu lintas pihaknya mencanangkan lingkungan RT 20 RW 05 Desa Kemiri menjadi Kampung Tertib Lalu lintas.

“Nantinya lingkungan ini akan menjadi pelopor bagi desa yang lain di Kabupaten Sidoarjo menjadi kampung tertib lalu lintas, harapan kita semoga muncul kampung tertib lalu lintas yang lain”ungkap Zain, Jumat (20/9/2019).

Lebih jauh disampaikan Kapolresta, penyumbang terbesar angka kematian manusia berasal dari kecelakaan lalu lintas. Angka tersebut didominasi oleh generasi produktif usia 17-35 tahun.

“Kecelakaan lalu lintas itu berawal dari sebuah pelanggaran. Kampung Tertib Lalu lintas ini merupakan upaya kita dalam menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas,”ucap Zain.

Sementara itu Ketua RT 20 / RW 05 Desa Kemiri Sunarto menyampaikan, terbentuknya kampung tertib lalu lintas ini berawal dari semangat warga dalam mentaati peraturan lalu lintas yang kemudian menjadi sebuah komitmen yang wajib ditaati.

“Banyak aturan tata tertib lalu lintas yang kami tekankan ke warga, alhamdulillah semua sepakat untuk melaksanakan dan akhirnya terwujudlah sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas,” ujar Sunarto,

Deklarasi Kampung Tertib Lalu Lintas, di lingkungan RT 20 RW 05 Desa Kemiri dihadiri Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan Forkopimka setempat. Suasana semakin semarak saat musik patrol, marching band Pocil Polresta Sidoarjo menampilkan atraksinya. (cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *