Peringati Hari Pajak, DJP Jatim II Gelar Dialog Perpajakan Bersama Awak Media Sidoarjo

Juli 15, 2019

(SIDOARJOterkini) – Dialog Perpajakan digelar oleh Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II (DJP Jatim II) bersama awak media Sidoarjo yang dikemas dalam Media Gathering dalam rangka peringatan hari pajak di Kanwil DJP Jatim II Jalan Juanda Sidoarjo, Senin (15/7/2019).

Kepala Kanwil DJP Jatim II Lusiani saat membuka acara mengatakan,
dalam perjalanannya pajak sebenarnya sudah dikenal jauh sebelum Indonesia merdeka, namun mendapatkan legitimasi baru tanggal 14 Juli 1945. Saat itu pula Pajak dijadikan sebagai soko guru dari pendapatan negara.

“Penghasilan dari pajak yang dipungut dari rakyat ini merupakan sumber keuangan negara yang digunakan untuk melangsungkan pembangunan dan meningkatkan kemakmuran rakyat, “ungkap Lusiani.

Diungkapkan Lusiani, peran media sangat penting dalam upayanya mengajak masyarakat untuk membayar pajak dengan demikian pendapatan negara dari sektor pajak akan bisa meningkat.

“Dengan demikian pembangunan negeri ini akan terus bisa berkesinambungan,”ucap Lusiani.

Tahun ini ungkap Lusiani, DJP Jatim II ditarget pendapatan pajak sebesar 23,5 Triliun dan sampai hari kemarin target tersebut baru terpenuhi 39 %, pihaknya yakin dan terus berupaya untuk memenuhi target yang bebankan ini.

“Salah satunya adalah dengan peran media yang selalu mengajak masyarakat untuk membayar pajak, “tuturnya.

Ditambahkannya, dalam berbagai hal peran media sangat penting dalam memberikan pengaruh kepada masyarakat, termasuk ajakan untuk selalu patuh pajak. Disamping itu melalui media masyarakat akan tahu manfaat dari pajak yang dibayarkannya.

“Untuk itu kita sangat berharap dengan dukungan dari para awak media melalui penanya bisa mengajak masyarakat untuk membayar pajak sehingga target itu bisa terpenuhi, “pintanya.

Sementara itu Kepala Bidang P2 Humas DJP Jatim II Nyoman Ayu Ningsih menyatakan, berbagai sosialisasi yang telah dilakukan DJP selama ini masih belum optimal kalau tidak ada peran media.

“Pengaruh media sangat besar dalam memberikan pencerahan terhadap masyarakat terkait pajak, “tegas Nyoman.

Sinergitas antara pihak DJP Jatim II dengan awak media akan terus ditingkatkan agar senantiasa menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk membayar pajak , dengan demikian tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak ini bisa terus ditingkatkan.

“Semoga jalinan ini bisa terus berlanjut,”tukasnya.

Sebelumnya, kegiatan hari pajak di Kanwil DJP Jatim II ini diisi dengan berbagai acara yang bertujuan untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat, diantaranya Donor darah, Santunan terhadap anak yatim piatu, Car Free Day Pajak, Upacara, Pajak bertilawah dan Media gathering. (cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *