KB-TK Al Muslim Ajak Orang Tua Tumbuhkan Kebiasaan Membaca Anak Sejak Dini

Juni 15, 2019

(SIDOARJOterkini) – Jalinan kerjasama antara orang tua dan pihak KB-TK Al Muslim diwujudkan dalam sebuah kegiatan akhir tahun pelajaran 2018/2019 yang bertajuk “Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Sejak Usia Dini” yang dihadiri Rininta Amriani Mahda salah satu Praktisi dan pemerhati pendidikan anak usia dini, Sabtu (15/6/2019).

Kepala sekolah KB-TK Al Muslim Siti Aminah mengatakan, kegiatan parenting ini untuk meningkatkan kerjasama antara pihak orang tua dan sekolah dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca siswa. Mengingat sangat penting dan bermanfaatnya kegiatan membaca bagi anak, karena membaca dapat meningkatkan daya pikir dan kemampuan seseorang dalam menemukan hal-hal yang berguna bagi kehidupan.

“Peran orang tua sangat penting dalam menumbuhkan minat baca pada anak,”ujar Siti Aminah.

Menurutnya, kontribusi orang tua membacakan buku adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan, karena banyak orang yang sukses diawali dengan kecintaanya akan membaca.

“Hal ini akan mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini,”tuturnya.

Sementara itu Pembina yayasan Al Muslim Erlina Nasution mengungkapkan, Peran orang tua dalam era sekarang ini dituntut untuk selalu melakukan pendampingan terhadap anak dalam menguasai kecakapan beragam literasi (multiliterasi).

“Karena saat ini dibutuhkan anak-anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi,”tandas Erlina.

Usai kegiatan Parenting, para orang tua beserta putra-putrinya mengikuti perlombaan, yaitu: peras air untuk siswa Kelompok bermain, mewarnai teknik doodle untuk siswa TK. A dan finger print untuk siswa TK.B dan sekaligus pembagian hadiah bagi pemenang lomba. (cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *