Kabupaten Sidoarjo Komitmen Peduli Dan Ramah Terhadap ABK

April 6, 2019

(SIDOARJOterkini) – Peringatan International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 dirayakan oleh 276 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)  dari UPT ABK Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, di Pendopo Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo.

Acara yang diisi dengan Jalan sehat, senam bersama, bersih – bersih telinga dan konsultasi psikolog dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dengan mengambil tema “Sidoarjo Terdepan, Peduli dan Ramah Anak Berkebutuhan Khusus”.

Nampak hadir  Wakil Bupati Sidoarjo, Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Kepala OPD Se- Kabupaten Sidoarjo, Kepala UPT Anak Berkebutuhan Khuhus Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, paguyuban orang tua ABK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupayen Sidoarjo Asrofi mengajak masyarakat menyadari tentang pentingnya kesehatan pada ABK dan memahami gejala umum ABK, serta mengenalkan lingkungan sosial dan berolahraga.

“Dengan demikian ada kesempatan kepada ABK punya hambatan pendengaran, Autis, hambatan intelektual, hambatan gerak dan kesulitan belajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,”ujar Asrofi,  Sabtu (6/4/2019).

Sementara itu Bupati Sidoarjo dalam sambutannya, Kabupaten Sidoarjo sangat berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang Ramah Anak, terutama ABK. Untuk itu dirinya menghimbau kepada para guru dan orang tua ABK, untuk tidak memarahi ABK, cukup dikasih pengertian dan diarahkan. Mereka adalah anak – anak yang istimewa.

“Anak – anak  ini perlu penanganan yang multi dimensi baik dari segi ekonomi, sosial dan ekonomi maupun pendidikan yang khusus sesuai dengan kemampuannya,”ucap Saiful.

Dengan demikian kebersamaan, persatuan, dan solidaritas sesama manusia terutama dengan ABK.

“Bimbingan dari segala pihak sangat dibutuhkan oleh para ABK ini, “tandasnya. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *